Pengembangan modul bermuatan project based learning terhadap prestasi hasil belajar pada mata kuliah perencanaan pembelajaran S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Aunur Rofik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bermuatan project based learning terhadap prestasi hasil belajar pada mata kuliah perencanaan pembelajaran S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Aunur Rofik

Rofik, Aunur (2020) Pengembangan modul bermuatan project based learning terhadap prestasi hasil belajar pada mata kuliah perencanaan pembelajaran S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Aunur Rofik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap dosen matakuliah Perencanaan Pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro Program studi Pendidikan Teknik Informatika bahwa bahan ajar yang ada saat ini masih berpaku pada materi yang di berikan dosen di salam kelas belum memadai untuk dijadikan sumber belajar mandiri di luar kelas tanpa bimbingan dosen. Unuk mengatasi masalah tersebut diperlukan bahan ajar yang sesuai sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. Dalam membantu mahasiswa untuk memahami materi yang terdapat dalam bahan ajar dipilih untuk menambahkan model pembelajaran Pembelajaran Berbasis Proyek pada bahan ajar yang dikembangkan. Model Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai media belajar. Siswa melakukan eksplorasi penilaian interpretasi sintesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Pembelajaran Berbasis Proyek dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang di perlukan peserta didik dalam melakukan investigasi dalam pembelajaran dan memahaminya. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari matode pengembangan Pendefinisian Perancangan Pengembangan Penyebarluasan (4D). Seluruh proses pengembangan terbagi dalam 4 langkah yakni (1) pendrefinisian syarat pengembangan (2) perancangan produk (3) pengujian produk (4) penyebarsualan produk. Hasil penelitian dan pengembangan Buku Ajar Cetak Komputer dan Jaringan Dasar dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh beberapa ahli yaitu (1) ahli materi diperoleh 77 08% (2) ahli media diperoleh 93 75% (3) uji coba kelompok kecil diperoleh 81 25% (4) uji coba kelompok besar diperoleh 81 88% dan rata-rata keseluruhan diperoleh 83 49%. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan modul dinyatakan valid dan layak untuk dipakai dalam proses pembelajaran. Penggunaan modul dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194708

Actions (login required)

View Item View Item