Pengembangan media pembelajaran pemrograman dasar berbasis animasi flash dengan model discovery learning untuk siswa kelas X kompetensi keahlian multimedia di SMK / Fatmawatul Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pemrograman dasar berbasis animasi flash dengan model discovery learning untuk siswa kelas X kompetensi keahlian multimedia di SMK / Fatmawatul Laili

Laili, Fatmawatul (2020) Pengembangan media pembelajaran pemrograman dasar berbasis animasi flash dengan model discovery learning untuk siswa kelas X kompetensi keahlian multimedia di SMK / Fatmawatul Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan multimedia yang berkembang dengan pesat menciptakan berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai acuan belajar dengan variasi yang berbeda-beda dan menarik. Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar berperan sangat penting dan turut menentukan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Berdasarkan observasi awal di beberapa SMK Negeri di Kabupaten Jember salah satunya yaitu SMK Negeri 6 Jember kegiatan pembelajaran di kelas dilaksanakan dengan metode ceramah dan praktek. Sumber Belajar yang digunakan yaitu Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang didistribusikan kepada siswa pada awal semester dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran mata pelajaran Pemrograman Dasar yang mengacu pada Kurikulum 2013 revisi 2018 berbasis animasi Flash dengan Discovery Learning untuk siswa kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 6 Jember. Model pengembangan media pembelajaran yang dipilih adalah model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Proses uji coba terdapat beberapa kegiatan yaitu validasi dari ahli media dan ahli materi serta uji coba pada siswa. Perolehan skor persentase dari lima tahap uji coba yaitu 85 42% untuk uji validitas ahli materi 91 67% untuk uji validitas ahli media 90 99% untuk uji pada kelas X MM 1 dan 88 46% untuk uji pada kelas X MM 2. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis animasi Flash untuk mata pelajaran Pemorgraman Dasar menjadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Terlebih lagi didukung dengan metode Discovery Learning dapat membangun dan menstimulasi logika siswa dan dapat bertukar pikiran dengan siswa lainnya. Media pembelajaran tersebut dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai referensi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam penyampaikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194706

Actions (login required)

View Item View Item