Pengembangan bahan ajar bermuatan problem based learning pada mata kuliah belajar dan pembelajaran di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Dessy Panjerina Resa Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bermuatan problem based learning pada mata kuliah belajar dan pembelajaran di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Dessy Panjerina Resa Putri

Putri, Dessy Panjerina Resa (2020) Pengembangan bahan ajar bermuatan problem based learning pada mata kuliah belajar dan pembelajaran di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Dessy Panjerina Resa Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Dessy Panjerina Resa. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata kunci bahan ajar problem based learning belajar dan pembelajaran Belajar dan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang yang memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep mendasar dari belajar dan pembelajaran serta mampu menerapkannya di sekolah dan di kehidupan sehari-hari. Modul ini bertujuan sebagai bahan ajar tambahan untuk mata kuliah Belajar dan Pembelajaran maupun sebagai sumber belajar mandiri bagi mahasiswa. Penelitian dan pengembangan ini memberikan hasil berupa produk yaitu modul cetak Belajar dan Pembelajaran yang bermuatan Problem Based Learning (PBL). Dengan adanya PBL diharapkan mahasiswa mampu mencari informasi dalam memecahkan permasalahan di sekitarnya maupun mengimplementasikannya kedalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu merancang mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar berupa modul cetak Belajar dan Pembelajaran bermuatan Problem Based Learning di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Dalam pengembangan ini metode yang digunakan adalah model 4D (Define Design Develop Disseminate). Pada tahapan pendefinisian dengan menganalisis karakteristik mahasiswa menganalisis materi dan merumuskan tujuan. Pada tahapan perancangan dengan menyusun modul yang disesuaikan dengan kurikulum pemilihan modul cetak pemilihan format atau sistematika modul penempatan muatan model Problem Based Learning pada modul dan merancang desain modul. Pada tahap pengembangan dilakukan uji vadasi ahli materi ahli media kemudian dilanjutkan dengan uji coba pengguna (mahasiswa) untuk kelompok kecil dan kelompok besar sehingga dapat diketahui modul tersebut layak atau tidak untuk digunakan. Setelah melakukan uji validasi ahli maka hasil validasi dari ahli materi 88 54% dan hasil validasi dari ahli media 93 05% dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Untuk hasil validasi uji coba pengguna pada kelompok kecil dihasilkan 90 47% dan pada kelompok besar 90 95% dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Jadi berdasarkan hasil uji kelayakan pada modul Belajar dan Pembelajaran dinyatakan sangat valid sehingga dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194703

Actions (login required)

View Item View Item