Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK / Bramantya Fitra Sanjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK / Bramantya Fitra Sanjaya

Sanjaya, Bramantya Fitra (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK / Bramantya Fitra Sanjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemrograman Dasar dalam SMK program keahlian TKJ termasuk dalam kelompok C1 atau merupakan dasar bidang keahlian. Artinya mata pelajaran ini harus dikuasai oleh siswa sebagai fondasi dasar dalam mempelajari pelajaran yang lain. Dalam mempelajari pemrograman dasar terutama dalam coding siswa haruslah sering mencoba agar terbiasa dengan struktur bahasa pemrograman yang digunakan karena jika tidak faham struktur pemrograman pastinya akan kesulitan juga dalam menuliskan statement dalam bahasa pemrograman tersebut. Padahal jika penulisan statement program salah program tidak akan dijalankan oleh komputer atau dalam hal ini dikatakan error. Namun sayangnya kesempatan siswa untuk melakukan coding hanya di sekolah karena hanya sebagian kecil saja yang memiliki laptop. Jika siswa harus belajar mandiri dengan mengerjakan modul e-book yang dimiliki siswa siswa tidak akan mengetahui letak kesalahan dalam pengerjaannya. Disisi lain sebanyak 95% siswa telah memiliki smartphone dan sisanya mobile phone yang sering dimanfaatkan siswa untuk bermain game searching materi atau chatting. Potensi ini yang akan dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile web yang memiliki konten salah satunya evaluasi soal yang akan memberikan feedback skor dan jawaban. Serta juga terdapat fasilitas coding online yang dapat dimannfattkan untuk belajar coding. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan dan merancang media pembelajaran berbasis mobile web untuk mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X di SMK serta melakukan uji kelayakan sehingga didapatkan media pembelajaran yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran atau dapat dimanfaatkan siswa sebagai suplemen belajar untuk belajar mandiri. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ini memiliki lima langkah yaitu analisys design development implement dan evaluation yang telah masuk dalam empat tahapan sebelumnya. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket pada validasi ahli materi dan ahli media sebagai validator serta siswa sebagai subjek uji coba pengguna. Uji coba dilakukan dalam uji coba kelompok kecil. Sedangkan analisa data menggunakan teknik persentase oleh Akbar dan Sriwiyana. Analisis data hasil validasi dan uji coba dengan beberapa tahap yang dilakukan di program keahlian TKJ SMK Muhammadiyah 2 Malang didapatkan hasil sebagai berikut (1) hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 89 0 % (2) validasi ahli media 85 2% (3) uji coba kelompok kecil 88 2%. Rata-rata yang diperoleh dari uji validasi dan uji coba yang telah dijabarkan tersebut diperoleh rata-rata persentase 88 6%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2010) dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan telah sangat layak untuk dimanfattkan sebagai supelemen mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X semester ganjil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194696

Actions (login required)

View Item View Item