Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran teknik 2D dan 3D kelas XI di SMK Negeri 2 Singosari / Muhammad Fakhrus Suadak Jauhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran teknik 2D dan 3D kelas XI di SMK Negeri 2 Singosari / Muhammad Fakhrus Suadak Jauhari

Jauhari, Muhammad Fakhrus Suadak (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran teknik 2D dan 3D kelas XI di SMK Negeri 2 Singosari / Muhammad Fakhrus Suadak Jauhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jauhari Muhammad Fakhrus Suadak. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile pada Mata Pelajaran Teknik 2D dan 3D kelas XI di SMK Negeri 2 Singosari. Proposal Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Pathmanthara M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci mobile teknik 2D dan 3D Pengembangan ini didasari oleh media pembelajaran yang digunakan saat ini dinilai masih kurang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kebanyakan peserta didik masih belum memahami pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan e-book yang ada saat ini dikarenakan media yang ada masih belum mencakup semua materi yang dibutuhkan dengan baik. Pengembangan ini digunakan pada mata pelajaran Teknik 2D dan 3D pada kelas XI di SMKN 2 Singosari. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) Untuk mengembangkan media sebagai penunjang kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Teknik 2D dan 3D kelas XI Multimedia di SMKN 2 Singosari. (2) Untuk meningkatkan penguasaan atau pemahaman peserta didik mengenai materi Teknik 2D dan 3D melalui media yang dikembangkan. (3) Untuk meningkatkan efisiensi media yang dikembangkan pada mata pelajaran Teknik 2D dan 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental dengan model pretest-posttest control group design dalam desainnya. Analisis data menggunakan model pengembangan media mengadobsi model 4D. Terdapat empat tahapan penting dalam model 4D yaitu (1) Define (2) Design (3) Development (4) Disseminate. Validasi media pembelajaran berbasis mobile android dilakukan oleh ahli materi ahli media dan uji skala kecil. Hasil rata-rata persentase validasi ahli media dan ahli materi sebesar 86 9% dan rata-rata persentase validasi media uji skala kecil sebesar 87 75%. Dari validasi yang diperoleh rata-rata persentase keseluruhan validasi media pembelajaran adalah 87 3%. Pada hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata pre test adalah 46 67 dan nilai rata-rata post test adalah 88 09%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah efisien untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Teknik 2D dan 3D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194693

Actions (login required)

View Item View Item