Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal kesulitan belajar terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran produktif pada siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 1 Udanawu / David Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal kesulitan belajar terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran produktif pada siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 1 Udanawu / David Setiawan

Setiawan, David (2020) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal kesulitan belajar terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran produktif pada siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 1 Udanawu / David Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan David. 2020. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 1 Udanawu Blitar (1) Heru Wahyu Herwanto ST. M.Kom (2) Gres Dyah Kusuma Ningrum S.P.d M.P.d. Kata Kunci Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal kesulitan belajar Prestasi belajar Pelajaran Produktif. Prestasi belajar siswa bisa diukur menggunakan standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Standar SKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran produktif di SMKN 1 Udanawu adalah 80 untuk kelas 2 jurusan TKJ. Atas dasar ketentuan ini diharapkan siswa dapat mencapai hasil optimal untuk pelajaran produktif. Namun pada kenyataannya menurut hasil observasi yang diperoleh prestasi belajar mata pelajaran produktif yang dicapai oleh siswa kelas XI di SMKN 1 Udanawu kurang optimal. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Apa ada pengaruh faktor internal penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI di SMKN 1 Udanawu dalam mata pelajaran Produktif dan apa ada pengaruh faktor eksternal kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI di SMKN 1 Udawu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post dikarenakan variabel bebas yang dilibatkan merupakan variabel yang sudah jadi dan tidak dimanipulasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskritif karena penelitian ini berusaha untuk memberikan informasi pengaruh dan hubungan faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Udanawu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Progam keahlian teknik komputer dan jaringan SMKN 1 Udanawu. Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor psikologis yakni kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi kurangnya minat siswa dengan pelajaran pelajaran yang tidak sesuai dengan bakat siswa kurangnya motivasi siswa kebiasaan belajar siswa yang tidak teratur dan kurangnya kesiapan belajar siswa. Sedangkan untuk faktor eksternal meliputi faktor sekolah yakni metode mengajar guru yang kurang bervariasi cara didik orang tua dan teman bergaul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194677

Actions (login required)

View Item View Item