Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep polymorphism siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Singosari / Lazuardy Syahrul Darfiansa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep polymorphism siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Singosari / Lazuardy Syahrul Darfiansa

Darfiansa, Lazuardy Syahrul (2020) Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep polymorphism siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Singosari / Lazuardy Syahrul Darfiansa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile penggunaan media sebagai alat bantu belajar dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki peserta didik. Dapat mempermudah dan menarik keinginan peserta didik dalam mempelajari suatu materi. Peserta didik mengalami kesulitan materi Polymorphism karena belum optimalnya media pembelajaran yang digunakan saat proses pembelajaran dalam bentuk buku cetak dan handout yang tidak interaktif sehingga kurang menarik minat peserta didik dalam mempelajari materi tersebut. Media pembelajaran berbasis mobile merupakan salah satu alternatif masalah tersebut karena terdapat banyak multimedia dan evaluasi materi yang dapat menarik minat peserta didik dalam mempelajari materi untuk menunjang proses pembelajaran Oleh karena itu mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis mobile merupakan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengembangan media pembelajaran menerapkan model ADDIE. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa 93 48% media pembelajaran sangat valid dan berdasarkan ahli materi 91 06% media pembelajaran sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada proses pelaksanaan uji coba perseorangan hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran 80 73% cukup valid melalui uji kelompok kecil diketahui bahwa 86 17% sangat valid dan hasil proses pelaksanaan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran 88 83% sangat valid. Hasil peningkatan pemahaman konsep menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik mampu mencapai nilai minimal yang telah ditentukan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile layak untuk digunakan di dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194673

Actions (login required)

View Item View Item