Pengaruh penerapan model dan konten e-learning dalam pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik di smk negeri 1 banyuwangi / Atalanta Oki Agyansa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model dan konten e-learning dalam pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik di smk negeri 1 banyuwangi / Atalanta Oki Agyansa

Agyansa, Atalanta Oki Agyansa (2021) Pengaruh penerapan model dan konten e-learning dalam pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik di smk negeri 1 banyuwangi / Atalanta Oki Agyansa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan e-learning dalam media pembelajaran akan berfungsi sebagai pelengkap dan tambahan kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Dari kekurangan-kekurangan dalam semua proses pembelajaran yang dihadapi oleh peserta didik dan guru dapat ditutupi oleh penerapan e-learning dengan memberikan latihan-latihan untuk membantu peserta didik dalam memahami materi secara cara tatap muka ataupun tidak. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Melalui e-learning inilah suasana belajar yang interaktif menyenangkan efektif dan efisien dapat diwujudkan. Model e-learning yang dimaksud menggunakan LMS jenis moodle karena pembentukan sistem pembelajaran tersebut memerlukan bantuan administrator dalam mempersiapkan penggunaannya sehingga sistem akan dibuat sesuai dengan kebutuhan dan rencana dari setiap sekolahnya. Konten e-learning yang dimaksud menggunakan konsep CCAF (Context Challenge Activity dan Feedback). Penerapan model dan konten dalam e-learning ini diharapkan sanggup meningkatkan prestasi belajar peserta didik sehingga sistem pembelajaran ini bisa menjadi rujukan atau contoh untuk sekolah lain yang akan menerapkan e-learning. Penelitian dilaksanakan dengan pembelajaran menggunakan sistem e-learning sekolah dan disesuaikan dengan instrumen perlakuan. Desain eksperimen menggunakan pre-eksperimen dengan bentuk desain One Group pretest posttest Design. Pengambilan data dilakukan dengan cara test objektif kepada subjek kelas eksperimen yaitu XII RPL 2. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas keterbacaan dan empiris serta uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan statistic inferensial dengan uji prasyarat normalitas dan uji efisiensi atau paired sample t-Test serta perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar peserta didik yang dihitung dengan normalisasi nilai N-Gain dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0 63 dan memiliki kriteria sedang. Selain itu terdapat perbedaan dari hasil pretest dan posttest peserta didik yang dihitung menggunakan sig 2-tailed pada taraf signifikansi 5% dan didapatkan hasil nilai Sig.(2-tailed) 0 000 yang berarti kurang dari 0 05. Sehingga terdapat pengaruh berupa efisiensi dalam penerapan model dan konten e-learning terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194669

Actions (login required)

View Item View Item