Pengaruh metode blended learning terhadap hasil belajar mata pelajaran ukur tanah smkn 1 kota kediri / Indra Wahyuningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode blended learning terhadap hasil belajar mata pelajaran ukur tanah smkn 1 kota kediri / Indra Wahyuningtias

Wahyuningtias, Indra Wahyuningtias (2020) Pengaruh metode blended learning terhadap hasil belajar mata pelajaran ukur tanah smkn 1 kota kediri / Indra Wahyuningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahyuningtias Indra. 2021. Pengaruh Metode Blended Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ukur Tanah SMKN 1 Kota Kediri. Skripsi Program Stidi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Blended learning pembelajaran konvensional hasil belajar Metode Blended learning adalah pengkombinasian model pembelajaran yang pada pelaksaannya dilakukan secara bertatap muka langsung dengan kegiatan belajar online. Sedangkan aktivitas belajar konvensional termasuk bentuk kegiatan belajar yang sepenuhnya di laksanakan di dalam kelas. Pembelajaran Blended learning dengan media internet yang mempermudahkan siswa dalam menemukan dan mencari masalah yang dialami. Whatsapp merupakan media dalam memperbantukan siswa berkomunikasi dan mengakses diantara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa. Pembelajaran ini untuk mendidik siswa lebih aktif termotivasi dan lebih mandiri dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya kegiatan di dalam kelas melainkan siswa juga dapat mencari informasi dan sumber literasi di luar kelas dengan bantuan internet dengan media whatsapp. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan penelitian tentang pengaruh hasil belajar antara metode Blended learning dan konvensional. Penelitian ini ialah pada jenis kuantitatif eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan bentuk desain posttest only control desaign. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Blended learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Subjek pada penelitian ini ialah semua kelas X DPIB 1 selaku kelas Konvensional dengan total 36 siswa sementara kelas X DPIB 2 selaku kelas Blended learning dengan total 36 siswa SMKN 1 Kota Kediri. Metode penarikan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data mempergunakan metode post test dalam melakukan pengukuran hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran serta dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan pengujian analisis uji-independent sample t-test. Hasil yang didapat pada penelitian ini menghasilkan hasil nilai rata-rata hasil belajar kelas konvensional X DPIB 1 sejumlah 67 64 sementara nilai hasil belajar kelas Blended learning X DPIB 2 sejumlah 79 44. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan nilai hasil belajar siswa yang signifikan diantara kelas Blended learning dan kelas konvensional. Kesimpulan dari hasil penelitian memperlihatan bahwa nilai hasil belajar kelas Blended learning lebih tinggi daripada kelas konvensioanl kelas X DPIB di SMKN 1 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194656

Actions (login required)

View Item View Item