Perbandingan strategi pembelajaran sinkron dan asinkron terhadap hasil belajar siswa kelas xi pada mata pelajaran survey terestris geomatika smkn 1 singosari / Krista Apriana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan strategi pembelajaran sinkron dan asinkron terhadap hasil belajar siswa kelas xi pada mata pelajaran survey terestris geomatika smkn 1 singosari / Krista Apriana Dewi

Dewi, Krista Apriana Dewi (2021) Perbandingan strategi pembelajaran sinkron dan asinkron terhadap hasil belajar siswa kelas xi pada mata pelajaran survey terestris geomatika smkn 1 singosari / Krista Apriana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akhir 2019 dunia mengalami pandemic covid-19 yang membuat sistem pembelajaran di Indonesia menggunakan pembelajaran online demi tetap menjalan pembelajaran walaupun dalam masa pandemi. Namun dalam proses pelaksanaan pembelajaran online hasil belajar para siswa mengalami penurunan terutama pada kelas XI SMKN 1 Singosari mata pelajaran Survei Terestris Geomatika dimana sebanyak 59% siswa yang mengerjakan ujian akhir materi mendapat nilai dibawah KKM oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengefektifkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Menurun nya hasil belajar siswa dapat disebabkan karena strategi pembelajaran yang kurang tepat dalam pembelajaran online terdapat dua strategi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu strategi pembelajaran sinkron maya dan strategi pembelajaran asinkron maya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI Geomatika SMKN 1 Singosari setelah melaksanakan proses pembelajaran menggunakan strategi pemblajaran sinkron untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI Geomatika SMKN 1 Singosari setalah diberi perlakuan asinkron dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dari hasil belajar siswa kelas XI Geomatika SMKN 1 Singosari setlah diberi perlakuan strategi pembelajaran sinkron dan asinkron. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas XI Geomatika dengan jumlah sample 69 siswa dengan teknik sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan intrumen pilihan ganda dengan uji analisis intrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2 menggunakan nilai rata-rata kemudian untuk rumusan masalah 3 menggunakan uji normalitas kemudia diuji hipotesis menggunakan uji-t Hasil yang diperoleh pada posttest yang telah dilakukan untuk kelas ekspermen 1 mendapat rata-rata 90 95 dari 35 siswa dengan kategori sangat baik untuk kelas eksperimen 2 mendapat rata-rata 81 07 dari 34 siswa dan dikategorikan baik. Hasil Uji-t yang telah dilakukan menggunakan independent t-test terlihat bahwa kedua kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan pada taraf signifikansi sebesar 5% dan perbedaan dari hasil belajar kedua kelas eksperimen sebesar 10 6% dari kedua kelas berdasarkan nilai rata-rata perbedaan juga diperkuat dari hasil nilai keterampilan dan sikap yang berbeda dari kedua kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194654

Actions (login required)

View Item View Item