Hubungan penguasaan mata pelajaran produktif dan kepercayaan diri dengan kesiapan praktik kerja lapangan kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smkn 1 mojokerto / Ditha Amaylia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan penguasaan mata pelajaran produktif dan kepercayaan diri dengan kesiapan praktik kerja lapangan kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smkn 1 mojokerto / Ditha Amaylia

Amaylia, Ditha (2021) Hubungan penguasaan mata pelajaran produktif dan kepercayaan diri dengan kesiapan praktik kerja lapangan kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smkn 1 mojokerto / Ditha Amaylia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebelum melakukan kegiatan faktor utama yang harus dimiliki seseorang adalah kesiapan. Terlebih kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) yang harus dipersiapkan secara maksimal. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kesiapan PKL masih tergolong rendah. Rendahnya kesiapan PKL dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya penguasaan mata pelajaran produktif dan kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan penguasaan mata pelajaran produktif dan kepercayaan diri dengan kesiapan PKL secara sendiri-sendiri dan bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Responden pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI DPIB yang akan melaksanakan PKL. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 45 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas homoskedastisitas linieritas dan korelasi ganda. Uji normalitas penguasaan mata pelajaran produktif dengan kesiapan PKL menghasilkan nilai sign 0.200 0.05. Uji homoskedastisitas penguasaan mata pelajaran produktif dengan kesiapan PKL menghasilkan nilai levene 2.224 dan nilai sign 0.064. Uji linieritas variabel penguasaan mata pelajaran produktif dengan variabel kesiapan PKL menghasilkan nilai 0.501 dan nilai sign 0.847. Dari hasil analisis yang telah dilakukan diartikan bahwa penguasaan mata pelajaran produktif dengan kesiapan PKL mempunyai hubungan yang linier. Uji normalitas kepercayaan diri dengan kesiapan PKL menghasilkan nilai sign 0.200 0.05. Uji homoskedastisitas kepercayaan diri dengan kesiapan PKL menghasilkan nilai levene 1.669 dan nilai sign 0.154. Uji linieritas penguasaan mata pelajaran produktif dengan kesiapan PKL menghasilkan nilai 1.997 dan nilai sign 0.061. Dari hasil analisis yang telah dilakukan diartikan bahwa kepercayaan diri dengan kesiapan PKL mempunyai hubungan yang linier. Uji korelasi tunggal penguasaan mata pelajaran produktif dengan kesiapan PKL menunjukkan nilai rhitung 0.423 dan nilai sign 0.004 0.05. Sumbangan penguasaan mata pelajaran produktif terhadap kesiapan PKL adalah sebesar 17.89%. Kemudian hasil uji korelasi tunggal kepercayaan diri dengan kesiapan PKL menunjukkan nilai rhitung 0.526 dan nilai sign 0.000 0.05. Sumbangan kepercayaan diri terhadap kesiapan PKL adalah sebesar 27.66%. Sedangkan hasil uji korelasi ganda penguasaan mata pelajaran produktif dan kepercayaan diri dengan kesiapan PKL menunjukkan nilai Rhitung 0.536 dan nilai signifikan 0.000. Sumbangan penguasaan mata pelajaran produktif dan kepercayaan diri terhadap kesiapan PKL adalah sebesar 28.72%. Dari hasil analisis dan uji korelasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan secara sendiri-sendiri dan bersama-sama penguasaan mata pelajaran produktif dan kepercayaan diri dengan kesiapan PKL kompetensi keahlian DPIB SMKN 1 Mojokerto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194653

Actions (login required)

View Item View Item