Pengembangan bahan ajar dasar – dasar konstruksi bangunan smk berbasis mixed reality / Ratri Nandha Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dasar – dasar konstruksi bangunan smk berbasis mixed reality / Ratri Nandha Kusuma

Kusuma, Ratri Nandha Kusuma (2021) Pengembangan bahan ajar dasar – dasar konstruksi bangunan smk berbasis mixed reality / Ratri Nandha Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara penulis terkait kondisi Kegiatan Belajar Mengajar (KMB) mata pelajaran Dasar ndash Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah di SMKN 1 Kediri dijumpai bahwa penggunaan buku modul powerpoint dan e-book merupakan bahan ajar pokok. Oleh sebab tersebut bahan ajar berbasis Mixed Reality (MR) ditawarkan sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut. Pembahasan penelitian pengembangan ini berfokus pada (1) Bagaimana cara mengembangkan bahan ajar digital berbasis Mixed Reality dan (2) Menguji kelayakan bahan ajar digital berbasis Mixed Reality Pengembangan bahan ajar berbasis MR nantinya akan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE dipilih karena evaluasi dan revisi dapat dilakukan dalam setiap fase sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Model tersebut mempunyai langkah-langkah (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implementation (5) Evaluate. Rancangan pada penelitian ini diawali dengan penyusunan materi dan gambaran skenario penerapan MR pada bahan ajar. Pengembangan media tutorial interaktif menggunakan Unity dengan Vuforia SDK CorelDraw X6 sebagai alat pengelolaan konten grafis dan Blender 3D sebagai pengolah objek 3D . Berdasarkan validasi yang dilakukan diperoleh hasil persentase dari Ahli Materi dan Isi sebesar 85.00 % dan persentase dari Ahli Media sebesar 95 95 %. Berdasarkan kriteria validitas maka pengembangan bahan ajar berbasis MR ini termasuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194651

Actions (login required)

View Item View Item