Pengembangan media pembelajaran berbasis game monopoli dengan bantuan visual augmented reality untuk mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan / Sendy Hanggarawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis game monopoli dengan bantuan visual augmented reality untuk mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan / Sendy Hanggarawan

Hanggarawan, Sendy (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis game monopoli dengan bantuan visual augmented reality untuk mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan / Sendy Hanggarawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran saat ini sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan seperti yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy dimana mendorong adanya pengembangan teknologi pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif guna menghasilkan teknologi pembelajaran yang diminati para siswa dan guru. Jauh dari penyampaian tersebut penggunaan metode ceramah merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang menjadi favorit guru di setiap sekolah sehingga tanpa disadari penggunaan metode ceramah kurang efektif dan terlihat lebih monoton. Pada umumnya tahap pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan yang ditugaskan oleh pendidik masih sering menggunakan metode konvensional seperti menggambar ulang contoh gambar yang ada. Oleh karena itu dibutuhkan berupa inovasi media pembelajaran. Monopoli merupakan salah satu permainan papan terkenal di dunia yang bertujuan untuk menguasai semua petak diatas papan melalui pembelian penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan. Lain halnya dengan monopoli temuan penelitian tentang penggunaan Augmented Reality untuk mendukung penelitian pembelajaran bahasa sangat beragam. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis game monopoli untuk mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan dan untuk mendapatkan informasi mengenai kelayakan produk media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian R amp D (Research and Development) ini dilaksanakan melalui 6 tahap 1) pengumpulan data 2) desain produk 3) validasi desain 4) produksi 5) uji coba lapangan 6) revisi produk. Desain produk dilaksanakan melalui 5 tahap 1) pembuatan kerangka kayu game monopoli 2) finishing kerangka kayu 3) penambahan komponen game monopoli 4) penambahan media pendukung game monopoli 5) pembuatan augmented reality. Data-data penelitian didapatkan menggunakan instrumen angket validasi dan angket uji coba lapangan. Data-data tersebut kemudian diolah menggunakan analisis Deskriptif. Validasi materi memperoleh skor sebesar 89 44% validasi media memperoleh skor sebesar 95% hasil uji coba lapangan kecil 84 815% dan uji coba lapangan besar 85 265%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan disimpulkan bahwa media ini dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194629

Actions (login required)

View Item View Item