Pemanfaatan e-modul untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo / Novandy Imam Makhruf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan e-modul untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo / Novandy Imam Makhruf

Makhruf, Novandy Imam (2021) Pemanfaatan e-modul untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo / Novandy Imam Makhruf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Makhruf Novandy Imam. 2021. Pemanfaatan E - Modul Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd (II) Drs. Mujiyono M.Pd. Kata Kunci Pemanfaatan Modul Elektronik Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas x Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan kemudian topik partisipasinya adalah X DPIB 2 sebanyak 35 siswa tetapi karena keterbatasan pandemi (covid 19) penelitian ini dilakukan di kelas yang masuk 50% dari populasi siswa normal. Pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi pencatatan dan wawancara dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif. Di setiap siklus diukur berdasarkan hasil observasi dan tes keterampilan siswa. Hasil observasi akan di deskripsikan kemudian di refleksikan dilakukan untuk perbaikan pada siklus selanjutnya. Hasil data diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dalam siklus pertama pertemuan kesatu yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 6 dari 18 siswa. Bedasarkan hasil belajar siswa nilai target KKM 76 dari 18 siswa X DPIB 2 Gelombang 2 tidak ada 10 siswa.Pada siklus Ipertemuan II 8 siswa dari 18 siswa dengan motivasi belajar tinggi. Berdasarkan hasil belajar siswa pencapaian nilai target KKM 76 dari 18 siswa kategori kelas X DPIB 2 gelombang 2 tidak ada 5 orang siswa. Kemudian dalam siklus II pertemuan pertama yang memiliki motivasi tinggi untuk belajar ada 14 siswa dari 18 siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa siapa yang mendapat nilai sesuai dengan tujuan KKM 76 yaitu sudah semua siswa dari 18 siswa kelas X DPIB 2 Gelombang 2. Sedangkan siklus dua pertemuan kedua siswa mempunyai motivasi tinggi untuk belajar ada 14 siswa dari 18 siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa yang mendapat nilai sesuai dengan pencapaian KKM yaitu 76 sudah semua siswa dari 18 siswa kelas X DPIB 2 Gelombang 2 dan beberapa siswa mengalami peningkatan pada nilai pada siklus ini. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul elektronik dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X DPIB 2 dan hasil belajar siswa. SMK Negeri 2 kota Probolinggo Tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194627

Actions (login required)

View Item View Item