Wibisono, Moch Ibda Pandu Wibisono (2021) Pengembangan modul pembelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan berbasis augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk negeri 1 kediri / Moch Ibda Pandu Wibisono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran sangatlah penting. Media pembelajaran memiliki kegunaan sebagai alat untuk menyampaikan materi kepada peserta didik dengan lebih menarik mudah dimengerti dan menyenangkan siswa. Akan tetapi pada kenyataannya di lapangan masih banyak guru yang belum menggunakan media pembelajaran yang memadai sehingga hasil belajar tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk pengembangan modul pembelajaran berbasis Augmented Reality yaitu gabungan antara media pembelajaran konvensional berupa modul dengan teknologi Augmented Reality untuk memudahkan siswa dalam memahami materi sambungan kayu. Materi sambungan kayu ini adalah materi yang harus dipahami siswa kelas X sebelum siswa melakukan praktikum membuat sambungan kayu dengan benar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R amp D) dengan prosedur pengembangan mengikuti model Sugiyono yang dimodifikasi langkah-langkah prosedur pengembangan yang digunakan terdiri dari (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk perorangan (7) Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BKP SMKN 1 Kediri pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan. Pada pengembangan ini ada beberapa spesifikasi produk yang dihasilkan diantaranya (1) modul berbasis augmented reality berisi materi sambungan kayu (2) dilengkapi dengan gambar barcode yang ditampilkan dengan teknologi augmented reality melalui smartphone secara online (3) mampu menampilkan objek 3D dengan pengaplikasian yang mudah. Hasil kelayakan menggunakan metode kuisioner yang dinilai oleh validator dan respon siswa. Validator terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli media. Persentase hasil validasi ahli materi sebesar 72% termasuk kategori layak. Persentase hasil validasi ahli media sebesar 87% termasuk kategori sangat layak. Persentase hasil respon peserta didik sebesar 91% termasuk kriteria sangat layak. Selanjutnya berdasarkan hasil keefektifan terdapat adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality dimana hasil pre-test mendapatkan nilai rata-rata 70 sedangkan hasil posttest mendapatkan nilai rata-rata 89.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194619 |
Actions (login required)
View Item |