Perbedaan penggunaan biosolar dengan penambahan cetane booster terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar mesin diesel c223 indirect ijection / Zanuar Dirham Asrori - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan biosolar dengan penambahan cetane booster terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar mesin diesel c223 indirect ijection / Zanuar Dirham Asrori

Asrori, Zanuar Dirham Asrori (2021) Perbedaan penggunaan biosolar dengan penambahan cetane booster terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar mesin diesel c223 indirect ijection / Zanuar Dirham Asrori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Indonesia pada saat ini mengalami tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) cukup tinggi bersamaan dengan bertambahnya penduduk dan tingkat ekonomi. Pada peningkatan bahan bakar tersebut pemerintah belum mampu menyeimbangi produksi dari minyak mentah domestik sementara itu pemerintah sebagai perusahaan minyak yang ada di Indonesia harus bisa dapat memberikan bahan bakar yang terbaik untuk masyarakat yang mungkin lebih ramah lingkungan dan jug amemiliki kualitas bahan bakar yang baik dan juga menghindari akan adanya masalah krisis energi. Bahan bakar saat ini yang disediakan oleh pemerintah dan bisa dipakai secara masal yaitu bahan bakar Biosolar bahan bakar tersebut bisa dibilang lebih ramah lingkungan dikarenakan pada saat produksinya berbeda dengan bahan bakar pada umumnya yang memiliki kandungan sulfur yang cukup rendah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari perbedaan emisi gas buang (polutan) atau opasitas dan konsumsi bahan bakar antara mesin diesel yang menggunakan bahan bakar Biosolar dengan penambahan Cetane Booster dan Biosolar murni. Penelitian ini yang nantinya akan menggunakan metode Quasi Eksperimen. Perlakuan bahan bakar yang berbeda dengan pengujian dengan putaran mesin 1000-3000 rpm. Objek yang digunakan adalah mesin Chevrolet Trooper (C223) dengan mesin berkapsitas 2.300cc Indirect Injection empat silinder. Dengan menggunakan bahan bakar Biosolar yang memiliki Cetane Number 48 dan zat aditif Cetane Booster sebagai tambahan untuk bahan bakar Biosolar pengujian emisi dan konsumsi akan dilakukan di Laboratotium Otomotif Universitas Negeri Malang. Pada penelitian ini yang nantinya akan menggunakan uji-t berpasangan (paired samples t-test) dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Maka dari itu dapat diambil kesimpulan bahwa pengujian pada bahan bakar Biosolar dengan penambahan Cetane Booster dan Biosolar murni terhadap mesin diesel C223 mempunyai perbedaan yang signifikan. Emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada mesin diesel lebih irit bila menggunakan campuran zat aditif Cetane Booster kepada bahan bakar biosolar. Dari hasil temuan yang telah dilakukan maka penggunaan mesin diesel Indirect Injection lebih disarankan untuk menggunakan tambahan zat aditif Cetane Booster dikarenakan Cetane Booster bisa menaikkan cetane number terhadap bahan bakar tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194618

Actions (login required)

View Item View Item