Pengaruh variasi diameter muffler end terhadap daya dan kandungan gas buang sepeda motor injeksi 125 cc / Moch Donnis Budiman Kamsiadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi diameter muffler end terhadap daya dan kandungan gas buang sepeda motor injeksi 125 cc / Moch Donnis Budiman Kamsiadi

Kamsiadi, Moch Donnis Budiman (2021) Pengaruh variasi diameter muffler end terhadap daya dan kandungan gas buang sepeda motor injeksi 125 cc / Moch Donnis Budiman Kamsiadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Dalam upaya peningkatan daya motor salah satu cara yang sering digunakan adalah memodifikasi bentuk knalpot menjadi sedemikian rupa. Perubahan bentuk dapat berupa merubah ukuran diameter panjang maupun sudut lengkungan dari knalpot. Desain knalpot yang sesuai dapat meningkatkan daya. Perubahan diameter muffler end dapat memengaruhi laju aliran gas buang dari ruang bakar menuju atmosfer melalui knalpot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi diameter muffler end terhadap daya dan kandungan gas buang (CO dan HC) pada sepeda motor injeksi 125 CC dengan variasi diameter 17 mm 20 mm dan 23 mm. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan dua variabel peneltian. Variabel bebas pada penelitian ini adalah variasi diameter muffler end 17 mm 20 mm dan 23 mm. variabel terikat pada penelitian ini adalah daya motor dan kandungan gas buang CO dan HC. Pengambilan data dilakukan pada putaran mesin 1500 rpm sampai dengan 7000 rpm dengan interval kenaikan 500 rpm. Teknik analisis data menggunakan one way anova pada SPSS 22 for windows. Berdasarkan uji analisis data pada penelitian ini penggantian diameter muffler end berpengaruh terhadap kandungan gas CO. Penggunaan muffler end 23 mm memiliki kandungan gas CO paling rendah. Penggunaan variasi diameter muffler end tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap daya yang dihasilkan motor karena penelitian ini hanya merubah diameter tanpa ada perubahan panjang dan geometri sudut. Penggunaan variasi diameter muffler end juga tidak ada pengaruh signifikan terhadap gas HC. Gas HC berangsur angsur turun seiring dengan penambahan putaran mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194617

Actions (login required)

View Item View Item