Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem starter di smk negeri 2 tarakan / Putri Nurwahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem starter di smk negeri 2 tarakan / Putri Nurwahyuni

Nurwahyuni, Putri Nurwahyuni (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem starter di smk negeri 2 tarakan / Putri Nurwahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan media power point pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem starter mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan media adobe flash pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem starter dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media power point dengan peserta didik yang menggunakan media adobe flash. Penelitian ini di lakukan menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan media power point dan peserta didik kelas XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media adobe flash dengan jumlah peserta didik 53 orang. Instrumen yang digunakan pada peneltiian ini yaitu soal post test. Hasil analisis data penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik skor rata-rata posttest kelas kontrol yang menggunakan media power point sebesar 73 dan skor rata-rata posttest kelas eksperimen yang menggunakan media adobe flash sebesar 77. Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik jika dilihat dari skor rata-rata peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen berdasarkan hasil uji t dengan taraf signifikasi 5% membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan media adobe flashI dengan peserta didik yang menggunakan media power point dimana thitung 3.452 dengan signifikasi (0.001 lt 0.05). Media pembelajaran interaktif adobe flash dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik karena dalam uji coba hasil belajar menggunakan media adobe flash lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang menggunakna media power point.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194611

Actions (login required)

View Item View Item