Pengaruh perubahan panjang alur roller terhadap daya dan akselerasi pada sepeda motor matic 125 cc CBS ISS / Wiyan Dwi Pangestu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perubahan panjang alur roller terhadap daya dan akselerasi pada sepeda motor matic 125 cc CBS ISS / Wiyan Dwi Pangestu

Pangestu, Wiyan Dwi (2020) Pengaruh perubahan panjang alur roller terhadap daya dan akselerasi pada sepeda motor matic 125 cc CBS ISS / Wiyan Dwi Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengurah dari perubahan panjang alur roller terhadap daya dan akselerasi pada sepeda motor Honda Vario 125 cc PGM-FI CBS ISS. Treatment ini banyak dilakukan oleh para pengendara motor matic ataupun komunitas-komunitas motor matic yang ada. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain quasi-experiment yang melibatkan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini perubahan panjang alur roller pada primary pulley. Proses perubahan panjang alur roller ini dengan menggunakan air belt sander yang biasa dimiliki oleh bengkel custom. Sedangkan untuk variabel terikat pada penelitian ini adalah daya mesin dan akselerasi kendaraan. Data diambil sebanyak 3 kali pada setiap perubahan variabel dan selanjutnya diambil rata ndash rata pada putaran 3000 rpm sampai dengan 8000 rpm dan dengan range 500 rpm. Daya yang dihasilkan oleh primary pulley standard pada putaran rpm 8000 ialah sebesar 10 281 HP sedangkan dengan putaran yang sama menggunakan primary pulley yang sudah di custom menghasilkan daya sebesar 10 905 HP. Sementara untuk akselerasi kendaraan yang dihasilkan ketika menggunakan primary pulley standard dari kecepatan 0-100 km/jam ditempuh dengan percepatan 2 05 m/s2 sedangkan untuk primary pulley custom dengan kecepatan yang sama ditempuh dengan percepatan 2 09 m/s2 Meski terlihat ada sedikit perubahan yang dihasilkan namun setelah dilakukan uji analisis menggunakan software spss 23 for windows didapatkan nilai signifikasi gt 0 05. Hal ini menandakan treatment perubahan panjang alur roller ini tidak menghasilkan perbedaan yang signifikan baik pada daya mesin maupun akselerasi kendaraan yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194606

Actions (login required)

View Item View Item