Variasi diameter katup hisap dan katup buang terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 110 cc / Angga Dihar Rofi'i - Repositori Universitas Negeri Malang

Variasi diameter katup hisap dan katup buang terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 110 cc / Angga Dihar Rofi'i

Rofi'i, Angga Dihar (2020) Variasi diameter katup hisap dan katup buang terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 110 cc / Angga Dihar Rofi'i. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rofi rsquo i Angga Dihar. 2020. Variasi Diameter Katup Hisap dan Katup Buang Terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor 110cc. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. (II) Andika Bagus Nur Rahma Putra S.Pd. M.Pd. Pada sepeda motor mekanisme katup berfungsi mengatur masuk keluarnya gas untuk proses pembakaran didalam ruang bakar. Salah satu hal sangat berpengaruh pada kinerja katup adalah dimensi (diameter) katup semakin besar diameter katup maka konsumsi gas yang dihisap pada proses pembakaran akan semakin besar pula dan tentunya akan berpengaruh pada daya dan konsumsi bahan bakar (Biomass 2019). Over Head Valve (OHV) merupakan mekanisme katup yang terletak di kepala silinder yang dimana terdapat komponen seperti Camshaft (noken as) sebagai penggerak katup dibantu dengan pengangkat katup (valve lifter) dan push rod antara rocker arm (pelatuk). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan karakteristik dari penggunaan variasi diameter katup hisap dan katup buang terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 110cc. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif komparatif. Adapun penerapan penelitian komparatif pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui perbandingan antara katup standar yaitu ukuran katup hisap 21 mm dan katup buang 19 mm yang divariasi menjadi ukuran Katup hisap 23 mm dan daun katup buang 21 mm. Katup hisap 21 mm dan daun katup buang 21 mm. Katup hisap 23 mm dan daun katup buang 19 mm terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 110cc. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain kuasi eksperimen. Adapun model desainnya menggunakan Randomi zed pretest-posttest design. Setelah didapatkan data hasil pengukuran maka data tersebut akan di analisis meggunakan SPSS 24 for windows menggunakan One Way Anova uji hipotesis. Akan tetapi sebelum dilakukan uji hipotesis perlu dilakukan uji prasyarat untuk mengetahui data hasil pengukuran bisa dilakukan untuk uji hipotesis atau tidak. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil uji hipotesis memiliki nilai signifikansi lt 0 05. Data hasil pengukuran daya dan konsumsi bahan bakar pada masing-masing variasi diameter katup hisap dan katup buang diketahui berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 dan 0 000 pada taraf signifikansi 0 05 dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari variasi diameter katup hisap dan katup buang terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 110cc. Hal ini terjadi dikarenakan semakin lebar diameter katup hisap dan katup buang maka udara dan bahan bakar akan semakin bertambah sehingga daya dan konsumsi bahan bakar akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194598

Actions (login required)

View Item View Item