Muftasikin, Kholid (2020) Pengaruh variasi volume injektor terhadap daya, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang pada sepeda motor matic 110 CC PGM-FI / Kholid Muftasikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi volume injektor terhadap daya konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor matic 110cc PGM-FI. Hasil penelitian yang telah dilakukan akan dipergunakan sebagai pengayaan keilmuan teknik otomotif terapan dan untuk keperluan praktisi teknik otomotif. Untuk mengetahui hasil dari masalah tersebut maka telah dilakukan pengujian motor matic 110cc pada alat Dynotest konsumsi bahan bakar dan Gas Analyzer di bengkel AHHAS Honda Asia Motor Malang. Perlakuan yang diberikan dengan mengganti injektor yaitu volume 64 cc/menit 74cc/menit dan 84 cc/menit kemudian diuji pengaruhnya terhadap daya mesin konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan dengan putaran mesin 2000 rpm sampai 7000 rpm dengan kenaikan 500 rpm. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil yaitu 1) Ada perbedaan daya yang signifikan antara injektor stadar dengan injektor volume 64 cc/menit dan 74 cc/menit pada sepeda motor matic 110cc PGM-FI 2) Ada perbedaan konsumsi bahan bakar yang signifikan antara injektor standar dengan injektor volume 64 cc/menit dan 74 cc/menit pada sepeda motor matic 110cc PGM-FI 3) Ada perbedaan emisi gas buang yang signifikan antara injektor standar dengan injektor 64 cc/menit dan 74 cc/menit pada sepeda motor matic 110cc PGM-FI. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka ada beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain 1) bagi akademis hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi ilmu pengetahuan di bidang otomotif yang berkaitan dengan pengaruh variasi volume injektor terhadap daya konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang 2) bagi masyarakat penelitian ini dapat menambah wawasan bila ingin mengganti injektor sepeda motor guna mendapatkan daya konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang optimal 3) bagi peneliti selanjutnya dapat dikembangkan lagi berupa penyetelan ECU supaya injektor dapat menginjeksikan bahan bakar dengan tepat sesuai kebutuhan mesin yang harapanaya dapat menghasilkan daya yang tinggi serta rendah konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |