Fauzi, Noor (2020) Pengaruh strategi pengelolaan pelaksanaan praktikum terhadap kepuasan siswa dan guru di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (non-blok) dan SMK Islam 1 Blitar (sistem blok) / Noor Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Terciptanya sumberdaya manusia yang terampil maka Sekolah Menengah Kejuruan memiliki strategi pengelolaan pelaksanaan praktikum. Strategi pengelolaan pelaksanaan praktikum tentunya menjadi acuan agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Manajemen praktikum yang digunakan yak pembelajaran praktik dengan sistem mingguan dan pembelajaran praktik dengan sistem blok. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh yang berbeda dalam hal strategi pengelolaan pelaksanaan praktikum terhadap kepuasan siswa dan kepuasan guru. Rancangan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif deskriptif. Variabel bebas pada penelitian ini meliputi Strategi Pengelolaan Pelaksanaan Praktikum (X) dengan variabel terikat Kepuasan Siswa (Y1) dan Kepuasan Guru (Y2). Sampel pada penelitian ini sejumlah 60 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (Non-Blok) dan 60 Siswa di SMK Islam 1 Blitar (sistem Blok) serta 12 guru produktif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (Non-Blok) dan 12 guru di SMK Islam 1 Blitar (sistem Blok). Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang berbeda yang signifikan dalam hal kepuasan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (Non-Blok) dan SMK Islam 1 Blitar (Sistem Blok). (2) terdapat pengaruh yang berbeda yang signifikan dalam hal kepuasan guru di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (Non-Blok) dan SMK Islam 1 Blitar (Sistem Blok). Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Pihak sekolah hendaknya meningkatkan sarana prasarana dengan baik. (2) Guru seharusnya dapat melaksanakan persiapan pembelajaran yang lebih matang sehingga dapat menentukan model pembelajaran yang terbarukan. (3) Siswa harus lebih giat dan semangat lagi untuk belajar serta dapat menyesuaikan dengan tuntutan dunia kerja dan industri agar menjadi sumberdaya manusia yang mempunyai keterampilan mumpuni. (4) Bagi peneliti selanjutnya strategi pengelolaan pelaksanaan praktikum ini dapat dikaitkan dengan variabel yang lebih bervariatif seperti keterkaitan dengan sarana dan prasana bengkel hasil belajar sampai manajemen bengkel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |