Relevansi materi pembelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada pelaksanaan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di SMK Negeri 2 Sampang / Syahrizal Achmad Ashshiddiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Relevansi materi pembelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada pelaksanaan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di SMK Negeri 2 Sampang / Syahrizal Achmad Ashshiddiq

Ashshiddiq, Syahrizal Achmad (2020) Relevansi materi pembelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada pelaksanaan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di SMK Negeri 2 Sampang / Syahrizal Achmad Ashshiddiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pembelajaran pemeliharaan kelistikan kendaraan ringan merupakan salah satu mata pelajaran yang di pelajari di sekolah kejuruan bidang TKR (Teknik Kendaraan Ringan) dan berfokus pada kelistrikan di mobil baik pada bagian mesin ataupun bodi kendaraan. Pengetahuan ini dibutuhkan sebagai bekal saat siswa melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan). Pada pembelajaran disekolah dan PKL yang dilaksanakan selanjutnya akan diukur tingkat relevansi dari kedua aspek ini supaya kedepannya dapat diperbaiki letak kekurangan masing-masing aspek tersebut. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan komponen kelistrikan engine dan kelistrikan body pada materi kurikulum 2013 yang dipelajari dalam mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Sampang (2) Mendeskripsikan komponen kelistrikan engine dan kelistrikan body pada materi kurikulum 2013 pada pelaksanaan praktik kerja lapangan SMK Negeri 2 Sampang di Dunia Usaha dan Industri. (3) Mendeskripsikan tingkat relevansi kelistrikan engine dan kelistrikan body pada materi pembelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kurikulum 2013 siswa kelas 11 SMK Negeri 2 Sampang dengan pelaksanaan praktik kerja lapangan kelistrikan engine dan kelistrikan body pada materi kurikulum 2013 di Dunia Usaha dan Industri. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan rancang penelitian Deskriptif-Analitik lokasi pengumpulan data yaitu di SMKN 2 Sampang serta bengkel tempat PKL siswa teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mendapatkan hasil (1) Pada kurikulum 2013 materi pembelajaran mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di sekolah terdiri dari kelistrikan engine yaitui perbaikan sistem kelistrikan mesin perbaikan sistem starter dan pengisian dan memperbaiki sistem pengapian serta kelistrikan body yaitu pemasangan perlengkapan kelistrikan tambahan (aksesoris) memasang dan memperbaiki sistem penerangan dan wiring serta menguji dan memperbaiki sistem pengaman kelistrikan dan komponennya. (2) Saat di industri siswa melakukan kegiatan PKL sesuai kurikulum 2013 dan kurikulum PKL yaitu kelistrikan engine meliputi perbaikan sistem starter dan memperbaiki sistem pengapian. Dan pada PKL kelistrikan body yaitu pemasangan perlengkapan kelistrikan tambahan (aksesoris) memasang dan memperbaiki sistem penerangan dan wiring serta menguji dan memperbaiki sistem pengaman kelistrikan dan komponennya. Tingkat relevansi pembelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan yang didapat siswa di sekolah dengan saat siswa kelas 11 PKL di industri dapat dikatakan rerata cukup baik. Dengan aspek pertimbangan dari nilai pembelajaran dari sekolah dan industri kualitas penyusunan RPP dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah oleh guru pengampu hasil observasi kualitas bengkel di sekolah dengan tempat PKL hasil wawancara serta dokumentasi yang didapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194592

Actions (login required)

View Item View Item