Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas xi tkr smks veteran tulungagung / Nur Kholiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas xi tkr smks veteran tulungagung / Nur Kholiq

Kholiq, Nur Kholiq (2021) Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas xi tkr smks veteran tulungagung / Nur Kholiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kholiq Nur. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas XI Tkr Smks Veteran 1 Tulungagung. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarli M.Pd M.T. (II) Drs. Partono M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Daring Kendala Hasil Belajar Pandemi Covid-19 telah mengubah pola pembelajaran sekolah di seluruh dunia. Kondisi yang sama terjadi di Indonesia pembelajaran dilakukan secara daring. Namun pembelajran daring di sejumlah daerah di Indonesia tidak berjalan optimal terutama di daerah pelosok dengan teknologi dan jaringan internet terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kendala dan hasil belajar dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 pada siswa kelas XI TKR di SMKS Veteran 1 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah Guru PMKR dan siswa kelas XI jurusan TKR dengan sampel sebanyak 2 orang guru dan 35 siswa kelas XI TKR II. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perhitungan persentase dan rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring teori berlangsung cukup lancar namun belum optimal. Kendala yang dialami siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring teori adalah kendala teknis terkait sarana pembelajaran kendala kognitif terkait penerimaan materi dan tugas serta kendala afektif terkait rasa jenuh dan keluhan. Pembelajaran praktikum dilakukan secara tatap muka dengan cara bergantian (shift) menurut absensi ganjil dan genap dengan menerapkan protokol kesehatan. Kendala dalam pembelajaran praktikum yaitu sulit berkonsesntrasi dalam belajar mengalami kebosanan kurang memahami materi yang disampaikan guru. Hasil belajar daring menunjukkan masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 75) sehingga hasil belajar daring dapat dikatakan belum optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 siswa kelas XI TKR SMKS 1 Veteran Tulungagung berlangsung cukup lancar namun belum optimal. Pembelajaran paktikum dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan dan kelas dibagi menjadi dua sesuai nomor urut ganjil dan genap pada absensi. Disarankan agar sekolah dapat memperkuat sinergi antara guru siswa dan orang tua siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan luring. Disarankan pula agar guru dapat lebih fleksibel dengan memberikan kelonggaran waktu kepada siswa dalam penyelesaian tugas. Bagi penelitian lain diharapkan untuk dapat mengembangkan penelitian ini pada mata pelajaran lainnya agar dapat saling melengkapi dan memperkaya ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194578

Actions (login required)

View Item View Item