Pengaruh variasi panjang muffler end terhadap performa mesin dan kebisingan sepeda motor mio m3 2015 / Muhammad Iqbal Dzaki Nashrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi panjang muffler end terhadap performa mesin dan kebisingan sepeda motor mio m3 2015 / Muhammad Iqbal Dzaki Nashrullah

Nashrullah, Muhammad Iqbal Dzaki Nashrullah (2021) Pengaruh variasi panjang muffler end terhadap performa mesin dan kebisingan sepeda motor mio m3 2015 / Muhammad Iqbal Dzaki Nashrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nashrullah Muhammad Iqbal Dzaki. 2021. Pengaruh variasi panjang muffler end terhadap performa mesin dan kebisingan sepeda motor Mio M3 2015. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sumarli M.Pd. M.T. (2) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Muffler end performa mesin kebisingan sepeda motor Dalam upaya peningkatan performa motor salah satu cara yang sering digunakan adalah memodifikasi bentuk knalpot menjadi sedemikian rupa. Perubahan bentuk dapat berupa merubah ukuran diameter panjang maupun sudut lengkungan dari knalpot. Desain knalpot yang sesuai dapat meningkatkan daya. Perubahan panjang muffler end dapat memengaruhi laju aliran gas buang dari ruang bakar menuju atmosfer melalui knalpot. Aturan kebisingan knalpot sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2009. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa tingkatan kebisingan untuk motor kapasitas 80cc hingga 175cc adalah maksimal 83dB dan di atas 175cc kapasitas 80dB (dicabel). Sementara untuk penindakan pengendara yang menggunakan knalpot racing sesuai dengan UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ). Aturan mengenai penggunaan pipa pembuangan gas sisa pembakaran ini terdapat dalam pasal 285 ayat (1) dalam pasal itu disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudukan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknik dan laik jalan meliputi kaca spion klakson lampu utama lampu rem lampu penunjuk arah alat pemantul cahaya alat pengukur kecepatan knalpot dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (3) juncto pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi panjang muffler end terhadap performa mesin dan kebisingan pada sepeda motor Mio M3 2015 dengan variasi panjang 20 mm 25 mm dan 30 mm. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan dua variabel peneltian. Variabel bebas pada penelitian ini adalah variasi panjang muffler end 20 mm 25 mm dan 30 mm. variabel terikat pada penelitian ini adalah kebisingan sepeda motor. Pada perubahan daya motor peneliti mencari daya yang dihasilkan oleh motor pada 2500 sampai 7500 rpm dengan interval 500 rpm. Pada penelitian kebisingan peneliti mengambil data pada unsur tingkat kebisingan dengan satuan db (Decible) pada putaran mesin 1500 sampai 6000 rpm dengan interval 500 rpm. Teknik analisis data menggunakan one way anova pada SPSS 22 for windows. Berdasarkan uji analisis data pada penelitian ini penggantian panjang muffler end berpengaruh terhadap kebisingan sepeda motor. Penggunaan muffler end 30 mm memiliki kebisingan paling tinggi. uji hipotesis menggunakan metode one way anova diketahui bahwa ada perbedaan dari penggunaan variasi panjang muffler end terhadap kebisingan motor. Muffler end panjang 30 mm memiliki kebisingan paling tinggi sedangkan muffler end diameter 20 mm memiliki kebisingan paling rendah. Penggunaan variasi panjang muffler end tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap daya yang dihasilkan motor karena penelitian ini hanya merubah panjang tanpa ada perubahan diameter dan geometri sudut. Pada muffler end 30 mm daya maksimum yang dihasilkan adalah yang terkecil dibandingkan dengan 2 sampel muffler end yang lain. Muffler end yang terlalu besar mengakibatkan tekanan balik (backpressure) menjadi rendah backpressure terlalu rendah mengakibatkan aliran gas buang yang keluar menjadi semakin cepat sehingga menyebabkan penurunan tekanan saat langkah pembilasan kemudian berakibat penurunan daya motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194577

Actions (login required)

View Item View Item