Pengaruh penambahan gas hho pada saluran intake terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang pada motor vario 125 cc pgm-fi / I Putu Dharmendra Eka Sutama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan gas hho pada saluran intake terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang pada motor vario 125 cc pgm-fi / I Putu Dharmendra Eka Sutama Putra

Putra, I Putu Dharmendra Eka Sutama Putra (2021) Pengaruh penambahan gas hho pada saluran intake terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang pada motor vario 125 cc pgm-fi / I Putu Dharmendra Eka Sutama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putra I Putu Dharmendra Eka S. 2021. Pengaruh Penambahan Gas HHO Pada Saluran Intake Terhadap Efisiensi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pada Motor Honda VARIO 125 CC PGM-FI. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarli M.Pd M.T. (2) Drs. Paryono S.T. M.T. KataKunci Gas HHO bahan bakar Karbon Monoksida Hidrokarbon Generator HHO adalah alat dengan prinsip kerja elektrolisis air dan digunakan untuk memproduksi gas HHO. Alat ini mengubah air (H2O) yang di campur katalis menjadi gas HHO/Gas Brown. Gas HHO ini adalah gas yang ditambahkan pada proses pembakaran didalam mesin untuk memaksimalkan pembakaran sehingga menghemat bahan bakar minyak yang dikonsumsi mesin dan menurunkan emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan gas HHO pada saluran intake terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang (CO dan HC) pada sepeda motor Honda VARIO125 CC PGM-FI. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan menggunakan dua variabel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penambahan gas HHO pada saluran intake sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang (CO dan HC). Pengambilan data ini dilakukan dengan gelas ukur untuk mengukur konsumsi bahan bakar dan alat gas analyzer untuk mengetahui kadar emisi gas buang karbon monoksida dan hidrokarbon. Data yang diambil mulai dari 1500 rpm sampai 6500 rpm dengan kenaikan 500 rpm. Teknik analisis data menggunakan metode Paired Sample T Test pada IBM SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil analisis pada data pada penelitian tersebut penambahan gas HHO pada saluran intake berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Ada pengaruh yang signifikan pada penambahan gas HHO pada putaran rendah menengah sampai rpm tinggi (1500 rpm 3500 rpm sampai 6500 rpm). Penurunan konsumsi bahan bakar terbanyak yaitu pada putaran 6500 rpm yaitu sebesar 6 2 ml. Penambahan gas HHO pada saluran intake juga berpengaruh signifikan terhadap emisi gas buang CO dan HC. Kandungan emisi gas buang CO dan HC menurun pada pada putaran rendah menengah sampai rpm tinggi (1500 rpm 3500 rpm sampai 6500 rpm).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194575

Actions (login required)

View Item View Item