Evaluasi pelaksanaan program teaching factory di smk islam 1 blitar menggunakan metode cipp / INDAH OKTA SARTIKA - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan program teaching factory di smk islam 1 blitar menggunakan metode cipp / INDAH OKTA SARTIKA

Sartika, Indah Okta Sartika (2021) Evaluasi pelaksanaan program teaching factory di smk islam 1 blitar menggunakan metode cipp / INDAH OKTA SARTIKA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan teaching factory di SMK Islam 1 Blitar menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model evaluasi CIPP (Context Input Process Product) pada siswa kelas XII peserta didik kelas XII pada tahun ajaran 2020/2021 dari program keahlian teknik pemesinan yang mengikuti program teaching factory dan guru maupun operator. Dari aspek context memeperoleh kategori sangat baik dengan persentase sebesar 90 8% dari responden siswa. Pada aspek context terdapat dua indikator yaitu tujuan teaching factory dan manfaat teaching factory. Sedangkan pelaksanaan teaching factory yang dilaksanakan di SMK Islam 1 Blitar dilihat dari aspek context dengan responden guru terdiri dari beberapa indikator yaitu 1) tujuan teaching factory 2) manfaat teaching factory dan 3) kriteria peserta program teaching factory. Hasil dari penelitian menunjukkan persentase 85 8% termasuk dalam kategori sangat baik. Pada evaluasi pelaksanaan teaching factory di SMK Islam 1 Blitar menujukkan hasil aspek input responden siswa termasuk dalam kategori sangat baik persentase 84 2%. Aspek input pada responden siswa terdiri dari beberapa indikator yaitu 1) pembekalan program teaching factory 2) sarana amp prasarana yang menunjang program teaching factory dan 3) Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan program teaching factory. Evaluasi pelaksanaan teaching factory di SMK Islam 1 Blitar menunjukkan pada aspek input responden guru termasuk dalam kategori baik dengan persentase 73 4%. Aspek input pada responden guru terdiri dari beberapa indikator yaitu 1) pembekalan program teaching factory 2) kompetensi guru/pembimbing 3) administrasi keuangan tersusun dengan baik 4) sarana amp prasarana yang menunjang program teaching factory dan 5) Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan program teaching factory. Pelaksanaan teaching factory di SMK Islam 1 Blitar dilihat dari aspek process dengan responden siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 83%. Aspek process terdiri dari beberapa indikator yaitu 1) perawatan mesin/peralatan 2) jadwal pelaksanaan program teaching factory 3) aktivitas guru dan 4) aktivitas siswa. Sedangkan teaching factory di SMK Islam 1 Blitar dilihat dari aspek process dengan responden guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 82 2%. Aspek process responden guru memiliki beberapa indikator yaitu 1) perawatan bengkel 2) jadwal pelaksanaan program teaching factory 3) aktivitas guru dan 4) aktivitas siswa. Pelaksanaan teaching factory di SMK Islam 1 Blitar dilihat dari aspek product dengan responden siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 84 9%. Aspek product terdiri dari beberapa indikator yaitu 1) kesesuaian product teaching factory dengan kebutuhan DU/DI 2) kelayakan produk teaching factory 3) ketercapaian program teaching factory. Evaluasi pelaksanaan teaching factory di SMK Islam 1 Blitar dilihat dari aspek product dengan responden guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 82%. Hasil dari aspek product responden guru terdiri dari beberapa inidkator yaitu 1) pemasaran produk teaching factory 2) kesesuaian produk teaching factory dengan kebutuhan DU/DI 3) ketercapaian program teaching factory. Pelaksanaan teaching factory di SMK Islam 1 Blitar dilihat dari aspek context input process product diperoleh dari instrumen berupa angket. Hasil evaluasi dengan responden siswa kelas XII program keahlian teknik pemesinan yang diambil 10 nilai tertinggi pada mata pelajaran pemesinan disetiap kelas termasuk kedalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 84 37%. Sedangkan Hasil evaluasi dari responden guru mata pelajaran produktif maupun operator yang berjumlah 12 orang termasuk kedalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81 77%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194529

Actions (login required)

View Item View Item