Manajemen program magang guru di industri (internship) guna meningkatkan kompetensi di smk negeri 6 kota malang / Hilda Farisha Pria Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen program magang guru di industri (internship) guna meningkatkan kompetensi di smk negeri 6 kota malang / Hilda Farisha Pria Kusuma

Kusuma, Hilda Farisha Pria Kusuma (2021) Manajemen program magang guru di industri (internship) guna meningkatkan kompetensi di smk negeri 6 kota malang / Hilda Farisha Pria Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program magang bagi guru adalah salah satu program sangat penting dalam perkembangan pembelajaran di sekolah terutama di SMK yang notabennya harus menpunyai lulusan yang siap bekerja atau mempunyani kompetensi yang sesuai dengan dunia industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan memonitoring dari manajemen pengelolaan program magang guru di industri yang berkaitan dengan pengalaman peserta program magang industri dalam pelaksaannya dari awal sampai akhir program ini. Penelitian ini dijalankan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan pada internship program guru di SMKN 6 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi dengan sumber data dari informan yaitu guru peserta program magang industri di SMKN 6 Malang. Hasil penelitian menunjukan manajemen internship program guru cukup baik dalam persiapan dan pelaksanaannya berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh sekolah maupun industri serta beberapa masukan dari pengalaman peserta magang sendiri. Program magang bagi guru merupakan program yang diusung oleh pemerintahan yang membuat program ini sudah mempunyai dukungan kebijakan yang kuat. Kegiatan pembelajaran dalam program magang guru di industri memiliki bebelara perbedaan dari masing-masing industri tempat magang tetapi tetap didasari dengan kompetensi produktif dari proses produksi sampai dengan finishing. Project-base dan problem-base yang banyak digunakan dalam model pembelajaran serta analisa mandiri dari peserta magang. Pada proses pelaksanaan kegiatan di dalam program tidak lepas dengan hambatan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan lingkungan industri serta kurangnya alokasi waktu program magang yang membuat pemahaman kompetensi oleh guru peserta magang yang kesuliatan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu (1) Kepada SMK disarankan untuk senantiasa melakukan pemetaan kompetensi dan mengajukan guru untuk mengikuti program magang serta menambah link industri (2) Kepada guru pesrta program magang industri disarankan untuk senatiasa menambah wawasan dengan materi teknologi terbaru serta menjadi guru yang berkompeten dan professional di bidangnya (3) Kepada jurusan Tenik Mesin UM disarankan agar hasil penelitian terhadap program magang guru ini menjadi referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi monitoring dan pengembangan pada pengelolaan program magang guru di industri dan (4) Kepada peneliti selanjutanya disarankan untuk membahas secara membahas secara mendalam mengenai Internship program guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194522

Actions (login required)

View Item View Item