Analisis pembelajaran ekonomi berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) siswa kelas X Ilmu sosial SMA Negeri 6 Kota Malang / Erni Astriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pembelajaran ekonomi berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) siswa kelas X Ilmu sosial SMA Negeri 6 Kota Malang / Erni Astriani

Astriani, Erni (2020) Analisis pembelajaran ekonomi berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) siswa kelas X Ilmu sosial SMA Negeri 6 Kota Malang / Erni Astriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astriani Erni. 2020. Analisis Pembelajaran Ekonomi Berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Kelas X Ilmu Sosial SMA Negeri 6 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi dan UKBM Pembelajaran merupakan suatu proses yang berkaitan dengan kegiatan guru dan kegiatan siswa yang dilakukan dengan berpedoman pada kurikulum dan didukung dengan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kurikulum yang diterapkan di Indonesia adalah kurikulum 2013 dimana dalam kurikulum tersebut kegiatan pembelajaran menekankan pada keterlibatan siswa secara langsung (student active) dan menerapkan sistem SKS (sistem kredit semester) yang bertujuan memfasilitasi perbedaan waktu yang dibutuhkan siswa untuk mempelajari materi atau bahan ajar. SMA Negri 6 Kota Malang merupakan salah satu SMA yang juga menerapkan kurikulum 2013. Oleh karena itu sesuai dengan himbauan Kementerian Pendidikan SMA Negeri 6 Kota Malang dalam kegiatan pembelajaran menggunakan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) untuk mengimplementasi kurikulum 2013 tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pembelajaran ekonomi berbasis UKBM kelas X Ilmu Sosial SMA Negeri 6 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam pnelitian ini terdiri dari guru ekonomi dan siswa kelas X Ilmu sosial SMA Negeri 6 Kota Malang. Untuk sumber data dari siswa ditentukan berdasarkan pada purposive sampling dimana subjek penelitian dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan kriteria tersebut adalah siswa dengan kategori pembelajar cepat sedang dan lambat. pengumpulan data menggunakan dua teknik antara lain wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian ini antara lain (1) Guru telah melakukan beberapa kegiatan yang dapat mendorong keaktifan siswa akan tetapi beberapa kegiatan dalam pebelajaran belum dilakukan sesuai dengan prinsip UKBM kegiatan tersebut antara lain dalam meendorong keikutsertaan siswa guru belum menekankan pada keikutsertaan berpikir test formatif dikerjakan oleh siswa secara berkelompok yang seharusnya dikerjakan secara mandiri dan guru tidak menggunakan hasil test formatif untuk menentukan siswa tersebut dapat melanjutkan ke UKBM selanjutnya atau belum. (2) siswa dengan kategori pembelajar cepat sudah menggunakan UKBM sesuai prinsip student active dan belajar tuntas sedangkan untuk siswa pembelajar sedang dan lambat belum sepenuhnya menggunakan UKBM sesuai prinsip student active dan belajar tuntas. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu sebaiknya guru mengarahkan dan memantau siswa supaya kegiatan yag dilakukan sesuai dengan prinsip student active dan belajar tuntas. Untuk siswa sebaiknya lebih meningkatkan keaktifan dengan selalu ikut serta dengan baik dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194515

Actions (login required)

View Item View Item