Analisis penerapan kompetensi guru dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Laboratorium UM kota Malang/ Khulil Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan kompetensi guru dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Laboratorium UM kota Malang/ Khulil Hidayati

Hidayati, Khulil (2020) Analisis penerapan kompetensi guru dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Laboratorium UM kota Malang/ Khulil Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayati Khulil. 2020. Analisis Penerapan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Di SMA Laboratorium Um Kota Malang. Skripsi Prodi SI Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sri Handayani S.Pd. M.Pd. Kata kunci kompetensi guru proses pembelajaran dan pelajaran ekonomi Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan karena pendidikan bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang untuk membangun dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Pembangunan di bidang pendidikan sampai saat ini masih menjadi prioritas utama dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan menjadi barometer kemajuan suatu bangsa. Guru sebagai ujung tombak pendidikan yang langsung berada di garis depan berhadapan dengan siswa dituntut memiliki kompetensi yang memadai. Melalui guru penanaman nilai-nilai dan pembelajaran berbagai ilmu pengetahuan pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan masa depan dapat berlangsung. Mengingat tugas guru begitu berat maka perlunya guru untuk selalu di update pengetahuan wawasan keterampilannya menuju kepada pengembangan profesi yang diharapkan. Fokus Penelitian adalah (1) Implementasi kompetensi guru dalam proses pembelajaran ekonomi (2) Proses pembelajaran ekonomi di SMA Laboratorium UM Malang. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Untuk pengambilan sumber data dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah itu pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Guru dalam kompetensi pedagogik mampu mengetahui kemampuan awal siswa dengan cara mengajukan pertanyaan dan menyuruh siswa untuk menceritakan kegiatan yang pernah terjadi yang terkait dengan materi. Siswa mengikuti dengan antusias (2) Guru dalam kompetensi kepribadian melarang siswa yang mengerjakan PR dikelas karena PR harusnya dikerjakan di rumah. Dengar cara menegur agar PR tersebut di masukkan tas/ loker ketika pelajaran ekonomi selesai boleh dilanjut (3) Guru dalam kompetensi profesional sudah menerapkan kurikulum dengan baik yaitu kurikulum 2013 (K13) mencakup 3 aspek pengetahuan keterampilan dan sikap. Aspek pengetahuan didapat dari ulangan harian UTS UAS dan tugas-tugas. Aspek keterampilan didapat dari keaktifan siswa dalam menyuarakan pendapat dan kegiatan kelompok. Dan yang terakhir aspek sikap ini aga susah dinilainya. Aspek sikap diadapt dari sopan santun siswa kepada guru dan absensi siswa. ketiga aspek harus terpenuhi agar nilai yang didapat maksimal (4) Guru dalam kompetensi sosial memiliki sifat tegas dan sabar. guru tidak pernah menggunakan kekerasan apalagi membedakan murid dari segi status sosial nya. Semua murid sama tidak pandang buluh mereka anak siapa mereka dimasukan ke sekolah ini tujuan nya hanya satu yaitu untuk belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194498

Actions (login required)

View Item View Item