Penerapan pendekatan science, technology, and society (STS) melalui model pembelajaran siklus belajar untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI-IA 7 SMA Negeri 3 Malang / Nur Aini A. Malik - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan science, technology, and society (STS) melalui model pembelajaran siklus belajar untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI-IA 7 SMA Negeri 3 Malang / Nur Aini A. Malik

Nur Aini A. (2010) Penerapan pendekatan science, technology, and society (STS) melalui model pembelajaran siklus belajar untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI-IA 7 SMA Negeri 3 Malang / Nur Aini A. Malik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A. Malik Nur Aini. 2009. Penerapan Pendekatan Science Technology and Society (STS ) melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI-IA 7 SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd (II) Drs. Parno M.Si Kata Kunci Pendekatan STS Siklus Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi awal selama melaksanakan PPL di kelas XI IA-7 SMA Negeri 3 Malang diperoleh data rata-rata hasil belajar fisika siswa untuk aspek kognitif dan psikomotorik masing-masing 74.28 dan 74.17. Dari nilai hasil belajar aspek koginitif diperoleh data siswa yang sudah mencapai KKM yang telah ditetapka sekolah yaitu 75 sebanyak 50% dari jumlah seluruh siswa kelas XI-IA 7 dan 50% lainnya belum mencapai KKM. Nilai tersebut diperoleh dari hasil tes pada bab dinamika rotasi dan saat siswa melakukan percobaan menentukan titik berat. Dari perolehan nilai yang belum memenuhi KKM menyebabkan sebagian besar siswa mengikuti remidi. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti berupaya untuk menerapkan suatu pendekatan dan model pembelajaran baru dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Hasil belajar yang diamati dalam penelitian ini yaitu pada aspek kognitif dan psikomotorik siswa. Adapun pendekatan yang diterapkan yaitu Science Technology and Society (STS ) melalui model pembelajaran siklus belajar 5 fase. Penerapan pendekatan ini selain menekankan pada pemahaman konsep juga melibatkan pemahaman siswa terhadap produk teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Penggunaan model pembelajaran siklus belajar dapat menciptakan kesempatan untuk memberikan pengalaman fisik interaksi sosial dan pengaturan diri. Selain itu kelebihan pada keterpakaiannya pembelajaran yang berarti bahwa dapat diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STS melalui siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan hasil belajar siswa untuk aspek kognitif dari hasil observasi awal dengan rata-rata 74.28 meningkat menjadi 86.47 pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 87.5. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan. Pada observasi awal dengan rata-rata 74.14 meningkat menjadi 76.46 pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 88.42. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STS melalui siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas XI-IA 7 SMA Negeri 3 Malang. Adapun saran yang dapat diberikan pada peneliti selanjutnya adalah 1) Bagi sekolah agar lebih memperhatikan berbagai model dan pendekatan yang sesuai untuk diterapkan di kelas khususnya untuk matapelajaran fisika. Hal ini diharapkan agar dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan psikomotorik siswa 2) Bagi siswa dengan penerapan pendekatan STS melalui siklus belajar diharapkan dapat mendorong kemampuan berpikir siswa sehingga berdampak positif bagi hasil belajarnya 3) Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian dengan situasi dan kondisi sekolah yang sama hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus. Hal ini dilakukan dengan harapan siswa-siswa semakin terbiasa belajar menerapkan pendekatan STS melalui siklus belajar sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat lagi. Selanjutnya dalam penerapan pendekatan STS melalui siklus belajar hendaknya memberikan banyak contoh-contoh penerapan materi dalam kehidupan sehari-hari. Sebab dengan mengetahui manfaat dari materi yang dipelajari maka guru telah memberikan peluang kepada siswa untuk belajar lebih bermakna bermanfaat dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19446

Actions (login required)

View Item View Item