Pengaruh intensitas pembelajaran ekonomi dalam keluarga, intensitas komunikasi dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa program studi s1 pendidikan ekonomi angkatan 2018 universitas negeri malang / Destha Rarantika Gandhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intensitas pembelajaran ekonomi dalam keluarga, intensitas komunikasi dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa program studi s1 pendidikan ekonomi angkatan 2018 universitas negeri malang / Destha Rarantika Gandhi

Gandhi, Destha Rarantika Gandhi (2021) Pengaruh intensitas pembelajaran ekonomi dalam keluarga, intensitas komunikasi dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa program studi s1 pendidikan ekonomi angkatan 2018 universitas negeri malang / Destha Rarantika Gandhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya modernisasi pada saat ini pastinya mempengaruhi perilaku seseorang dalam berkonsumsi salah satu faktor yang mempengaruhi adalah masuknya budaya luar yang berefek pada berubahnya sikap seseorang yang tadinya berperilaku produktif saat ini cenderung menjadi berperilaku konsumtif. Mahasiswa ataupun masyarakat yang masih dalam usia remaja lebih mudah terpengaruh untuk berkonsumsi secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas pendidikan ekonomi dalam keluarga komunikasi dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanatitatif jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplansi yaitu penelitian yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antar satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi pada penelitian ini sebanyak 131 mahasiswa mahasiswa dengan menggunakan metode proportional random sampling diperoleh sebanyak 99 sampel yang tersebar dalam lima offering pada angkatan 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang terdiri dari lima alternatif jawaban. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda karena dalam penelitian ini terdapat satu variabel terikat dan dua variabel bebas. Hasil penelitiannya adalah terdapat pengaruh negatif antara intensitas pembelajaran ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa sebesar 1 113 dengan kontribusi sebesar 1 11% terdapat pengaruh positif antara intensitas komunikasi dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif sebesar 9 022 dengan kontribusi sebesar 45 69%. Terdapat pengaruh secara simultan antara intensitas pembelajaran ekonomi dalam keluarga komunikasi dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa sebesar 42.310 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0 468. Saran dari penelitian ini bagi pembaca dan mahasiswa yaitu 1) Diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran ekonomi yang telah diajarkan dalam keluarga untuk mewujudkan perilaku konsumsi secara rasional dalam kehidupan sehari-hari 2) Diharapkan ketika mahasiswa berada dalam lingkungan teman sebaya mampu membawa pengaruh yang baik karena telah mendapatkan pembelajaran ekonomi dari keluarganya. Dan untuk peneliti selanjutnya yaitu dapat melakukan penelitian dengan lebih baik pada subjek yang berbeda serta menggunakan variabel yang berbeda yang tidak diteliti di penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194458

Actions (login required)

View Item View Item