Analisis pendidikan ekonomi keluarga dalam membentuk rasionalitas ekonomi remaja di Desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang / Atika Nadya Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pendidikan ekonomi keluarga dalam membentuk rasionalitas ekonomi remaja di Desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang / Atika Nadya Arianti

Arianti, Atika Nadya (2021) Analisis pendidikan ekonomi keluarga dalam membentuk rasionalitas ekonomi remaja di Desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang / Atika Nadya Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arianti Atika Nadya. 2021. Analisis Pendidikan Ekonomi Keluarga Dalam Membentuk Rasionalitas Ekonomi Remaja Di Desa Permanu Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Syahrul Munir S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pendidikan Ekonomi Keluarga Rasionalitas Ekonomi Remaja Pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama. Pendidikan keluarga penting diberikan kepada anak sejak dini hingga melepaskan diri dari orang tua. Orang tua memegang peranan penting dalam memberikan pendidikan baik melalui keteladanan penjelasan tuntunan perilaku maupun diskusi terutama dalam bidang ekonomi. Pendidikan ekonomi yang diberikan dapat berpengaruh terhadap tindakan yang dilakukan oleh remaja. Bagaimanapun masa remaja merupakan masa dimana anak banyak terpengaruh oleh lingkungan. Apalagi dengan kondisi keluarga yang ada di Desa Permanu banyak yang bekerja sebagai petani dengan pengahasilan yang tidak menentu ditengah kondisi teknologi yang semakin berkembang pesat. Sehingga dibutuhkan peran keluarga agar tindakan yang dilakukan anak rasional dan tidak menimbulkan kerugian. Oleh karena itu Penelitian ini berfokus pada pendidikan ekonomi yang diberikan oleh keluarga dalam membentuk rasionalitas ekonomi anak yang berusia remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Agar data yang diperoleh kredibel penulis menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Setelah data yang sebenarnya terkumpul kemudian dianalisis dan akhirnya didapatkan suatu kesimpulan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini bahwa penerapan pendidikan ekonomi yang diberikan oleh orang tua lebih sering dilakukan dengan tuntunan perilaku baik dalam pemanfaatan waktu maupun pengelolaan uang yang dimiliki untuk kegiatan konsumsi. Orang tua juga memberikan keteladanan yang dilakukan secara tidak sengaja penjelasan secara verbal dan juga mengajak anak untuk diskusi terkait dengan kasus ekonomi yang relevan. Pendidikan yang telah ditanamkan tersebut tentunya berpengaruh terhadap tindakan rasional yang dilakukan anak. Beberapa tidakan rasional yang dilakukan anak dengan menentukan merencanakan hingga menilai dalam memilih kegiatan yang produktif sesuai dengan pendidikan yang diberikan mencari informasi menentukan merencanakan hingga menilai pemanfaatan uang yang dimiliki dan ketika melakukan aktivitas konsumsi untuk mendapatkan manfaat serta berdiskusi terkait dengan kasus ekonomi yang relevan sehingga anaknya mengetahui fenomena ekonomi. Dengan demikian anak dapat belajar sebelum membentuk keluarga sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194447

Actions (login required)

View Item View Item