Pengaruh literasi digital, persepsi tentang intensitas promosi, dan persepsi kemudahan layanan server terhadap minat menggunakan uang elektronik pada saat pandemi covid 19 di kota batam / Rolis Dwi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh literasi digital, persepsi tentang intensitas promosi, dan persepsi kemudahan layanan server terhadap minat menggunakan uang elektronik pada saat pandemi covid 19 di kota batam / Rolis Dwi Pratiwi

Pratiwi, Rolis Dwi Pratiwi (2021) Pengaruh literasi digital, persepsi tentang intensitas promosi, dan persepsi kemudahan layanan server terhadap minat menggunakan uang elektronik pada saat pandemi covid 19 di kota batam / Rolis Dwi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi saat ini sudah berkembang pesat salah satunya dalam sistem pembayaran yang kini bisa dilakukan secara online atau non tunai. Sistem pembayaran non tunai dengan menggunakan uang elektronik yang dimana nilai uangnya tersimpan dalam media elektronik. Uang elektronik dibagi menjadi dua salah satunya yaitu uang elektronik berbasis jaringan (server) seperti OVO GoPay ShopeePay LinkAja dan lain sebagainya. Saat pandemi pemerintah menganjurkan untuk bertransaksi menggunakan uang elektronik agar dapat menghindari kontak fisik secara langsung melalui uang kertas. Selain itu pemerintah juga sedang menjalankan sebuah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk meminimalisir pertumbuhan uang kertas dan memberikan pemahaman terkait pentingnya sistem pembayaran non tunai. Pertumbuhan transaksi secara non tunai meningkat pesat pada tahun 2020 namun hal ini masih kalah dengan transaksi secara tunai. Untuk itu perlu adanya minat masyarakat untuk menggunakan uang elektronik. Dalam penelitian ini minat yang tumbuh didasari oleh beberapa faktor antara lain literasi digital persepsi menggunakan uang elektronik dan persepsi kemudahan layanan server. Oleh karena itu tujuan penelitian ini antara lain (1) mengetahui pengaruh literasi digital terhadap minat menggunakan uang elektronik (2) mengetahui pengaruh persepsi tentang intensitas promosi terhadap minat menggunakan uang elektronik (3) mengetahui persepsi kemudahan layanan server terhadap minat menggunakan uang elektronik dan (4) mengetahui pengaruh simultan literasi digital persepsi tentang intensitas promosi dan persepsi kemudahan layanan server terhadap minat menggunakan uang elektronik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel quota sampling. Responden penelitian yaitu generasi muda dengan jumlah 138 responden yang berusia 18-35 tahun serta termasuk ke dalam empat organisasi antara lain Komite Olahraga Polibatam Ruang Peduli Ikapema Kepri Malang dan Masyarakat Relawan Indonesia. Hasil analisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan uang elektronik dengan nilai t 0 730 dan sig 0 467 ( gt 0 05) persepsi tentang intensitas promosi berpengaruh terhadap minat menggunakan uang elektronik dengan nilai t 4 632 dan sig 0 000 ( lt 0 05) persepsi kemudahan layanan server berpengaruh terhadap minat menggunakan uang elektronik dengan nilai t 9 107 dan sig 0 000 ( lt 0 05) serta adanya pengaruh simultan literasi digital persepsi tentang intensitas promosi dan persepsi kemudahan layanan server terhadap minat menggunakan uang elektronik dengan nilai F 76 576 dan sig 0 000 ( lt 0 05). Penelitian ini diharapkan mampu memberikan saran kepada pemilik bisnis uang elektronik untuk meningkatkan pelayanan agar pengguna uang elektronik semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194440

Actions (login required)

View Item View Item