Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air untuk siswa SMP Negeri 4 Malang / Ani Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air untuk siswa SMP Negeri 4 Malang / Ani Rahmawati

Ani (2009) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air untuk siswa SMP Negeri 4 Malang / Ani Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Selain itu penelitian evaluatif terhadap pendidikan IPA yang dilaksanakan di lima provinsi di Indonesia pada tahun 1996 menunjukkan bahwa pendidikan IPA di SLTP masih mengalami berbagai masalah. Kebutuhan peserta didik tersebut sebagian besar dapat dipenuhi melalui pelajaran IPA Terpadu. Di lain pihak SMP Negeri 4 Malang mulai menerapkan pembelajaran IPA Terpadu tetapi masih menghadapi kendala. Guru mengalami kesulitan untuk mengajar mata pelajaran yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan terbatasnya sumber pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menyusun paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air dan panduan pelaksanaannya untuk siswa SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan (research and development R D) yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain dan revisi desain. Subyek penelitian terdiri dari dua orang ahli dua orang guru IPA SMP dan enam siswa SMP Kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diisi oleh penelaah. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata angket skala Likert sedangkan data kualitatif berupa saran kritik tanggapan dari penelaah dan hasil keterbacaan siswa. Berdasarkan hasil uji kelayakan paket IPA Terpadu memperoleh nilai rata-rata 3 37 yang berarti layak dan panduan guru memperoleh nilai rata-rata 3 27 yang berarti layak. Berdasarkan tanggapan kritik dan saran dari penelaah maka dilakukan perbaikan terhadap paket IPA Terpadu dan panduan guru. Hasil dari perbaikan tersebut merupakan produk dari pengembangan paket IPA Terpadu. Berdasarkan hasil penelaahan dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan paket IPA terpadu dan panduan guru berbasis konstruktivisme tema air layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu proses belajar siswa. Saran untuk peneliti lainnya yaitu agar melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut terhadap paket hasil penelitian ini dengan melakukan kajian eksperimen dan uji coba yang lebih luas sehingga diperoleh paket yang teruji secara empiris. Selain itu disarankan pula agar produk utama dikembangkan dengan tema lain sehingga dapat memperkaya sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item