Pengaruh blended learning dan self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa akuntansi / Aliffia Akbartiswa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended learning dan self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa akuntansi / Aliffia Akbartiswa

Akbartiswa, Aliffia (2020) Pengaruh blended learning dan self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa akuntansi / Aliffia Akbartiswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam dunia global yang sedang berkembang sekarang ini internet merupakan sebuah teknologi yang dapat difungsikan sebagai sistem pembelajaran. Inovasi yang terbentuk dari proses penggabungan antara pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran online (online learning) adalah blended learning. Blended learning berbantuan LMS Schoology sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menyelasaikan permasalahan percepatan materi yang terjadi ketika Praktek Kerja Industri telah selesai dilaksanakan oleh peserta didik SMK. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 5 Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain faktorial 2 x 2. Pengumpulan data Self Regulated Learning menggunakan angket yang diberikan kepada peserta didik sedangkan prestasi belajar menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan Uji Two Way ANOVA dengan menggunakan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang dikenai blended learning secara signifikan lebih unggul dari model pembelajaran konvensional dalam mempengaruhi prestasi belajar. Siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dapat memperoleh prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki self regulated learning rendah. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran (model blended learning dan model pembelajaran konvensional) dan self regulated learning terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194378

Actions (login required)

View Item View Item