Pengembangan distruptive integrated learning pada kegiatan praktik jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran untuk peningkatan kualitas calon guru (studi kasus pada Universitas Negeri Malang, kompetisi dasar kearsipan digital) / Ari Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan distruptive integrated learning pada kegiatan praktik jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran untuk peningkatan kualitas calon guru (studi kasus pada Universitas Negeri Malang, kompetisi dasar kearsipan digital) / Ari Gunawan

Gunawan, Ari (2020) Pengembangan distruptive integrated learning pada kegiatan praktik jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran untuk peningkatan kualitas calon guru (studi kasus pada Universitas Negeri Malang, kompetisi dasar kearsipan digital) / Ari Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem perkantoran merupakan faktor penting di dalam kehidupan suatu bisnis dan organisasi maupun pemerintah. Namun perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat masif dan kemampuan industri dan pemerintah dalam inisiatif menghadapi perubahan saat ini belum didukung dengan persiapan tenaga kerja yang mumpuni dibidangnya. Berdasarkan konteks tersebut penulis menggagas ldquo Pengembangan Pembelajaran Disruptif Terpadu Pada Kegiatan Praktik Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Untuk Peningkatan Kualitas Calon Guru (Studi Kasus Pada Universitas Negeri Malang Kompetisi Dasar Kearsipan Digital) rdquo . Tujuan dari Penelitian dan Pengembangan ini adalah mengembangkan media disruptif berbasis website untuk kegiatan praktikum jurusan OTKP mengetahui kelayakan media belajar disruptif untuk praktikum OTKP dan mengetahui kualitas kompetensi calon guru dengan menggunakan media dan yang tidak. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh penulis adalah dengan design thinking process for educators dengan menggunakan beberapa tahapan diantaranya empati menemukan ide prototipe dan uji coba. Dengan pengujian pada sistem yang dikembangkan melalui valdiasi media dan ahli materi serta test pengguna dengan metode eksperimental serta usability testing product. Berdasarkan hasil pengembangan dengan menggunakan metode design thinking dihasilkan pengembangan media disruptif pada kompetensi dasar kearsipan digital dengan 3 fitur utama yaitu autentikasi sirkulasi dan sistem penyimpanan. Setelah media selesai dikembangkan media divalidasi oleh ahli materi dengan kriteria aspek penyajian simulasi dengan skor rata-rata 5 dengan kriteria sangat sesuai dan efektif. Setelah itu dilakukan validasi ahli media dengan aspek penyajian media dengan rata-rata 4 7 dengan kriteria sesuai dan efektif. Pada tahap selanjutnya yaitu uji coba kelancaran pengguna dengan hasil uji coba 2 9 dengan kriteria sangat lancar untuk seluruh user. Dengan dilanjutkan ujian akhir kepada 10 mahasiswa dengan 2 kelompok kontrol dan eksperimen dengan hasil uji validitas butir soal ujian akhir valid untuk 10 soal yang diujikan. Sehingga hasil uji hipotesis adalah rata-rata belajar kelompok eksperimen adalah 96 dan kelompok kontrol adalah 66 dengan P 0.001 dan uji t 10.606 yanga artinya terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok tersebut. Hasil akhir diperkuat dengan self assessment dari calon guru terhadap peningkatan kualitas calon guru dengan nilai rata-rata 4 52 yang menyatakan setuju media ini dapat meningkatkan kualitas calon guru nantinya. Berdasarkan hal tersebut peneliti telah berhasil mengembangkan media disruptif dan juga telah teruji melalui validasi ahli dan media serta terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran disruptif dengan media konvensional. Rekomendasi yang diberikan dari penelitian ini adalah bagi program studi untuk dapat meneruskan penerapan media ini pada proses pembelajaran bagi calon guru hendaknya dapat memahami secara lebih komperhensif media yang digunakan dan bagi peneliti dapat melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui dampak dalam skala yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194376

Actions (login required)

View Item View Item