Pengembangan sistem informasi kearsipan berbasis microsoft access di kantor Desa Ngenep / Eka Putra Hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi kearsipan berbasis microsoft access di kantor Desa Ngenep / Eka Putra Hidayatullah

Hidayatullah, Eka Putra (2020) Pengembangan sistem informasi kearsipan berbasis microsoft access di kantor Desa Ngenep / Eka Putra Hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era digital seperti sekarang ini perkembangan teknologi di Indonesia sudah semakin maju. Komputer sudah banyak digunakan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Salah satunya dalam bidang pemerintahan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah seperti provinsi kota/kabupaten kecamatan maupun desa. Namun tidak semua kantor desa memaksimalkan penggunaan komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Terdapat beberapa kantor desa yang masih menerapkan pengelolaan arsip secara manual meskipun sudah terdapat komputer di kantor desa tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pengembangan sistem informasi kearsipan untuk suatu desa salah satunya adalah di Kantor Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang yang saat ini masih mengelola arsip secara manual meskipun di desa tersebut sudah memiliki alat pendukung seperti komputer dan printer. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan aplikasi sistem informasi kearsipan elektronik dengan menggunakan program microsoft access untuk memudahkan pengelolaan kearsipan di Kantor Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang dan (2) Mengetahui kelayakan dari aplikasi sistem informasi kearsipan elektronik berbasis microsoft access yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli materi dan ahli media. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan Research and Development (R amp D) yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall. Model penelitian ini dimodifikasi oleh peneliti untuk disesuaikan dengan keadaan di lapangan keterbatasan waktu tenaga serta biaya. Penelitian ini terdiri dari enam langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) produksi akhir. Validasi media dilakukan oleh Bapak Andi Basuki S.Pd. M.Pd. selaku dosen Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Bapak Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si selaku dosen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Validasi ahli materi dilalukan oleh Bapak Imam Bukhori S.Pd M.Pd. selaku dosen mata kuliah Praktikum Perkantoran Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang dan Bapak Drs. I Nyoman Suputra M.Si selaku dosen Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Produk yang dikembangkan adalah sistem informasi kearsipan berbasis microsoft access di Kantor Desa Ngenep untuk memudahkan pengelolaan arsip arsip di kantor desa tersebut. Hasil validasi menunjukkan bahwa sistem informasi kearsipan berbasis microsoft access layak digunakan pada kantor Desa Ngenep. Hal ini berdasarkan isian angket validasi ahli materi dengan melihat pedoman kriteria penilaian menunjukkan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan penyimpanan arsip di kantor desa bahasa yang digunakan sudah sesuai format form penyimpanan arsip sudah sesuai serta petunjuk dan perintah dalam aplikasi sudah cukup jelas. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media juga menunjukkan bahwa sistem informasi kearsipan berbasis microsoft access layak digunakan pada kantor Desa Ngenep. Hal ini berdasarkan isian angket validasi ahli media dengan melihat pedoman kriteria penilaian menunjukkan bahwa berdasarkan tiga aspek penilaian yakni aspek tampilan tulisan dan aspek kemudahan rata-rata validasi ahli media mengisinya dengan kriteria layak sehingga aplikasi ini efektif digunakan pada kantor Desa Ngenep. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk ini adalah sebelum menggunakan aplikasi sistem informasi kearsipan berbasis microsoft access pengguna hendaknya mempelajari dan memahami terlebih dahulu petunjuk penggunannya. Aplikasi ini dapat diterapkan di semua instansi pemerintahan atau swasta karena dapat dipastikan setiap organisasi mempunyai arsip yang perlu disimpan dengan baik. Akan tetapi perlu adanya perubahan isi aplikasi dengan menyesuaikan kebutuhan instansi yang menggunakannya karena SIKEDes didesain khusus untuk penyimpanan arsip di Kantor Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Untuk pengembangan produk lebih lanjut hendaknya melengkapi dengan fasilitas untuk men-scan dokumen yang di unggah ke dalam aplikasi. Selain itu diharapkan pengembangan produk lebih lanjut nantinya aplikasi ini dapat dioperasikan menggunakan smartphone maupun tablet karena saat ini aplikasi SIKEDes hanya mampu dioperasikan melalui komputer atau laptop saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194372

Actions (login required)

View Item View Item