Pengembangan media pembelajaran kas kecil (SIKAIL) berbasis website pada mata kuliah administrasi keuangan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang) / Vina Nur Machabbatulillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kas kecil (SIKAIL) berbasis website pada mata kuliah administrasi keuangan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang) / Vina Nur Machabbatulillah

Machabbatulillah, Vina Nur (2020) Pengembangan media pembelajaran kas kecil (SIKAIL) berbasis website pada mata kuliah administrasi keuangan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang) / Vina Nur Machabbatulillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di masa pandemi mengalami perubahan dengan memfokuskan pembelajaran menjadi modern berbasis teknologi. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan berfokus pada teknologi dan desain sistem pembelajaran yang efektif dengan memberikan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah media pembelajaran berbasis website. Berdasarkan hasil wawancara terhadap dosen mata kuliah administrasi keuangan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang diketahui bahwa kegiatan pembelajaran secara daring menyulitkan mahasiswa saat akan melakukan praktik pembelajaran pada capaian pembelajaran mata kuliah mengelola dana kas kecil menggunakan media pembelajaran. Adanya media pembelajaran yang dikembangkan peneliti diharapkan mahasiswa dapat berlatih praktik secara mandiri. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran kas kecil (SIKAIL) berbasis website pada mata kuliah administrasi keuangan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran kas kecil (SIKAIL) berbasis website yang telah dikembangkan melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa yang mengggunakan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran kas kecil (SIKAIL). Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang terdiri dari sepuluh langkah yakni (1) studi pendahuluan (2) perencanaan dan pengumpulan data (3) pembuatan produk (4) validasi desain dan konten (5) revisi produk tahap 1 (6) uji coba produk (7) revisi produk tahap 2 (8) uji coba produk kelompok besar (9) revisi final uji kelayakan produk (10) produk akhir. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dua ahli yakni ahli materi dan ahli media. Validasi materi dilakukan oleh Ibu Raisa Fitri S.AB. M.M. selaku dosen mata kuliah administrasi keuangan dan validasi media dilakukan oleh Bapak Andi Basuki S.Pd. M.Pd. selaku dosen yang berkompeten di bidang media pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli media ahli materi 6 mahasiswa sebagai validator pengguna serta subjek uji coba kelompok besar yang terdiri dari 36 mahasiswa offering MMM dan 36 mahasiswa offering L. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari perhitungan skor pada angket validasi angket kemandirian serta nilai hasil tes psikomotorik selain itu terdapat data kualitatif dari wawancara kritik dan saran. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka teknik analisa data yang digunakan adalah analisis persentase dan deskriptif kualitatif. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran kas kecil berbasis website dengan nama SIKAIL yang dilengkapi dengan buku panduan penggunaan SIKAIL. Keunikan dari produk yang dihasilkan yakni mendukung otomatisasi user friendly serta username dan password media pembelajaran telah terkoneksi dengan gmail di google kemudahan lainnya yaitu produk memiliki beragam pilihan laporan data kas kecil serta semua data dapat diunduh dalam bentuk file pdf dan data tidak akan hilang ketika keluar dari media pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran telah sesuai dengan peruntukannya tujuan pembelajaran kemudahan pengoperasian dan dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hal ini berdasarkan isian pada angket validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 83 5% kemudian pada angket validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 95% sedangkan untuk uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 98% sehingga SIKAIL sangat layak untuk digunakan. Ditinjau dari perbedaan tingkat kemadirian dan hasil belajar mahasiswa diketahui perhitungan kemandirian belajar mahasiswa kemandirian belajar kelas kontrol rata-rata 79% dan kelas eksperimen rata-rata 91 93% sedangkan hasil praktikum (psikomotorik) mahasiswa rata- rata nilai kelas kontrol yaitu 79 5% sedangkan kelas eksperimen mencapai rata-rata sebesar 88 9% hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol . Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk ini hendaknya tidak lepas dari bimbingan dosen namun tetap memberikan kebebasan mahasiswa dalam kegiatan praktik. Selain itu media pembelajaran media pembelajaran pengelola dana kas kecil ini diharapkan kedepannya dapat digunakan sebagai rujukan media pembelajaran kas kecil. Saran untuk pengembangan produk selanjutnya pengembang hendaknya lebih meningkatkan pemahaman dasar mengenai kas kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194369

Actions (login required)

View Item View Item