Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite 9 pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas XI OTP SMK PGRI 2 Malang) / Gita Chandra Asmaradhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite 9 pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas XI OTP SMK PGRI 2 Malang) / Gita Chandra Asmaradhana

Asmaradhana, Gita Chandra (2020) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite 9 pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas XI OTP SMK PGRI 2 Malang) / Gita Chandra Asmaradhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan kondisi dan fenomena tahun ini pendidikan di Indonesia sedang mengalami perubahan besar dimana sejak akhir tahun 2019 Coronavirus Disease (Covid-19) telah terjadi masalah kesehatan dan berpengaruh terhadap kebijakan pendidikan. Kebijakan tersebut menyatakan bahwa proses belajar mengajar dilaksanakan dirumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh sampai batas waktu yang belum diketahui. Seluruh aspek dituntut untuk bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut dimana pedidik dan peserta didik tidak bertemu secara langsung akan tetapi terkoneksi melalui media yang terintegrasi dengan internet. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut dengan memanfaatkan teknologi pada media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih baik khususnya pada masa pandemi Covid -19. Sesuai dengan fenomena dan kondisi diatas maka penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan mobile learning berbasis ispring suite 9 (2) Mengetahui kelayakan produk mobile learning berbasis ispring suite 9 melalui ahli media dan materi (3) Mengetahui perbedaan kemandirian belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite 9 (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite 9. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan R amp D mengambil teori dari Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba Produk (7) revisi produk (8) Uji coba pemakaian. Uji coba produk yang dilakukan yaitu (1) Desain uji coba berupa hasil penilaian validator dan uji coba penilaian penggunaan oleh kelompok kecil (2) Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI OTP SMK PGRI 2 Malang (3) Jenis data yang didapatkan berupa jenis data kuantitatif dan kualitatif (4) Instrumen pengumpulan data berupa hasil wawancara kuesioner dan lembar tes. Teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan kemandirian dan hasil belajar menggunakan uji paired sample t-test Hasil produk penelitian dan pengembangan ini bernama el-PR (Electronik Learning Public Relation) yang dibuat dengan software ispring suite 9 dan mengemas materi KD 3.1 Memahami ruang lingkup kehumasan sampai KD 3.4 Menganalisis etika dan kode etik profesi humas. Keunikan dari produk yang dihasilkan yaitu produk user interfriendly requirement serta mendukung otomatisasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat ini. Hasil validasi menunjukan bahwa aplikasi layak digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran kemudian pengoperasiannya digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hal ini berdasarkan oleh penilaian validasi ahli materi yang diperoleh nilai sebesar 98 67% kemudian pada validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 92 23% sedangkan untuk uji coba penggunaan pada kelompok kecil diperoleh nilai 95% sehingga aplikasi el-PR sangat layak untuk digunakan. Hasil analisis kemandiran dan hasil belajar peserta didik melalui uji paired sample t-test berbantuan aplikasi SPSS 23.0 menunjukan perolehan masing-masing sig. 0 000 lt 0 005 Maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemandirian dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ispring suite 9 pada mata pelajaran OTKP humas dan keprotokolan efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas XI OTP di SMK PGRI 2 Malang. Saran Pemanfaatan produk ini agar peserta didik mengunduh aplikasi sebelum memasuki kelas melalui link shorturl.at/nyBW2 dan diharapkan membaca buku petunjuk penggunaan aplikasi terlebih dahulu. Saran diseminasi agar penelitian ini dan produk digunakan di lingkup kompetensi keahlian OTKP SMK PGRI 2 Malang. Saran produk lebih lanjut yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan produk serupa pada kompetensi Dasar lain di mata pelajaran humas dan keprotokolan Aspek penilaian tidak hanya pada ranah kognitif melainkan juga psikomotorik dan afektif selain itu juga penting untuk lebih mengembangkan pada pengolahan data hasil evaluasi agar langsung terekap dalam satu file tabulasi nilai. mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainnya seperti iOS dan ukuran aplikasi dapat dikecilkan serta dipublikasikan pada toko aplikasi google Playstore.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194368

Actions (login required)

View Item View Item