Pengaruh penerapan pembelajaran blended learning terhadap learning achievement (prestasi belajar) dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi (studi pada mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahap III adn IV Universitas Negeri Malang tahun 2019) / Andra Giovano - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran blended learning terhadap learning achievement (prestasi belajar) dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi (studi pada mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahap III adn IV Universitas Negeri Malang tahun 2019) / Andra Giovano

Giovano, Andra (2020) Pengaruh penerapan pembelajaran blended learning terhadap learning achievement (prestasi belajar) dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi (studi pada mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahap III adn IV Universitas Negeri Malang tahun 2019) / Andra Giovano. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Giovano A. 2020. Pengaruh Penearapan Pembelajaran Blended Leraning terhadap Achievement Learning dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediai (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universtas Negeri Malang Tahun 2019). Skripsi Jurusa Manajemen Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd M.M. Kata Kunci Blended Learning Achievement Learning Motivasi Belajar. Achievement Learning merupakan perolehan hasil belajar peserta didik maupun maisiswa setelah melangsungkan kegiatan pembelajaran yang dinyatakan dalam bentuk huruf maupun nilai angka. Bedasarkan dari hasil dokumentasi dan wawancara di lapangan yang dilakukan oleh peneliti dengan ketua pendidikan profesi guru (PPG) dan staff PPG di Universitas Negeri Malang menunjukan masih banyak mahasiswa yang mendapatkan hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimum (KKM). Data tersebut diperoleh bedasarkan capaian aspek kognitif dan prikomotorik penilaian kegiatan lokakarya tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar (2) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Achivement Learning (3) pengaruh Blended Learning terhadap Achievement Learning (4) pengaruh Blended Learning terhadap Achievement Learning melalui Motivasi Belajar. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian Explanatory Research. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) jurusan Administrasi Perkantoran dan Bisnis Pemasaran kelas A dan B tahap III dan IV di Univeritas Negeri Malang tahun 2019 dengan total populasi sebesar 80 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 72 responden dari mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) jurusan Administrasi Perkantoran dan Bisnis Pemasaran kelas A dan B tahap III dan IV di Univeritas Negeri Malang tahun 2019. Pengumpulan data menggunakan angket wawancara dan dokumentasi. Uji instrument dan analisis data mengunakan bantuan program SPSS Versi 23 for Windows. Uji instrument meliputi uji validitas da uji reliabilitas serta analisis data yang dilakukan dengan statistik deskriptif uji asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis) serta uji sobel test. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) tahap III dan IV Univeristas Negeri Malang tahun 2019 dalam mengikuti proses pembelajran Blended Learning yang baik dan memiliki motivasi belajara yang tinggi sehingga berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa yang berkompeten (2) Penerarapan pembelajaran Blended Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Achiement Learning atau prestasi belajar (4) Penerapan pembelajaran Blended Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Achiement Learning atau prestasi belajar (5) Penerapan pembelajaran Blended Learning berpengaruh secara tidak langsung terhadap Achiement Learning atau prestasi belajar melalui motivasi belajar. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada (1) Dosen Pengajar pendidikan profesi guru (PPG) yaitu meningkatkan model pembelajaran dan memberikan motivasi dengan (2) Peneliti selanjutnya yaitu dapat memperpanjang waktu penelitian agar data yang diambil valid (3) Mahasiswa yaitu meningkatkan tingkat partisipasinya dalam penelitian ke depannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194367

Actions (login required)

View Item View Item