Pengembangan sistem inventarisasi barang (SIMVERA) sebagai media pembelajaran manajemen perbekalan untuk meningkatkan keterampilan praktikum mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang) / Laurentia Kiki Nefolena - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem inventarisasi barang (SIMVERA) sebagai media pembelajaran manajemen perbekalan untuk meningkatkan keterampilan praktikum mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang) / Laurentia Kiki Nefolena

Nefolena, Laurentia Kiki (2020) Pengembangan sistem inventarisasi barang (SIMVERA) sebagai media pembelajaran manajemen perbekalan untuk meningkatkan keterampilan praktikum mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang) / Laurentia Kiki Nefolena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komponen penting yang membantu menunjang kegiatan pembelajaran salah satunya adalah media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pada Program Studi Pendidikan Administrasi Universitas Negeri Malang diperoleh informasi bahwa dalam melaksanakan kegiatan praktikum inventaris barang masih menggunakan media manual berupa tabel inventaris berbasis kertas sehingga keterampilan praktikum mahasiswa masih belum optimal. Dengan hadirnya Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) sebagai media praktikum pengelolaan inventaris barang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan praktikum mahasiswa secara optimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Menghasilkan Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) sebagai media pembelajaran manajemen perbekalan (2) Mengetahui kelayakan dari Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) melalui hasil validasi dari validator ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan tingkat keterampilan praktikum mahasiswa dalam mengelola inventaris barang dengan menggunakan Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) dan mahasiswa yang tidak menggunakan Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdapat sembilan langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk kelompok kecil (7) revisi produk (8) uji pemakaian kelompok besar dan (9) produk akhir. Produk divalidasi oleh dua validator ahli yakni ahli materi dan ahli media serta uji coba produk dilakukan pada kelompok kecil yang terdiri dari 6 mahasiswa uji coba. Sedangkan uji coba pemakaian dilakukan pada kelompok besar yang terdiri dari 36 mahasiswa kelas eksperimen dan 36 mahasiswa kelas kontrol. Data hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dengan hasil dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat sesuai sedangkan ahli media menunjukkan kriteria sangat layak serta uji coba kelompok kecil menunjukkan kriteria sangat efektif. Sedangkan data hasil uji coba pemakaian pada kelompok besar dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample t Test yang menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan praktikum kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini telah menggambarkan dari isi tujuan penelitian dan pengembangan yaitu (1) Produk yang dikembangkan berupa Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) yang digunakan sebagai media pembelajaran manajemen perbekalan yang dilengkapi dengan langkah penghapusan yang sudah sesuai dengan prosedur yakni melibatkan petugas admin pimpinan dan kepala bagian sarana prasarana. Selain itu sistem ini juga dilengkapi dengan fitur QRCode yang dapat di-download dan ditempel pada barang inventaris sehingga jika terjadi ketidaksesuaian pada barang inventaris dapat dilakukan scanning barcode untuk mengetahui deskripsi serta penempatan barang inventaris tersebut. (2) Hasil validasi menunjukkan bahwa Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan hasil isian angket penilaian validator ahli materi hasil isian angket penilaian validator ahli media serta hasil isian angket penilaian uji coba dari 6 mahasiswa sehingga didapatkan rata-rata hasil validasi keseluruhan dengan kriteria sangat valid. (3) Hasil uji pemakaian pada kelompok besar menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat keterampilan praktikum mahasiswa yang menggunakan Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) dan mahasiswa yang tidak menggunakan Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA). Hal ini berdasarkan hasil uji statistik Independent Sample t Test yang menghasilkan kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat keterampilan praktikum kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan produk ini adalah sebelum menggunakan Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) sebagai media pembelajaran manajemen perbekalan sebaiknya dosen dan mahasiswa mempelajari dan memahami terlebih dahulu petunjuk penggunaannya. Pengembangan Sistem Inventarisasi Barang (SIMVERA) ini digunakan sebagai media praktikum dalam mengelola inventaris barang pada mata kuliah manajemen perbekalan. Namun dalam penerapannya perlu memerhatikan karakteristik mahasiswa media pembelajaran yang digunakan serta kurikulum yang dipakai pada perguruan tinggi yang bersangkutan. Dan untuk pengembangan selanjutnya hendaknya lebih diperluas lagi ruang lingkupnya yaitu untuk jenis barang inventaris yang habis pakai. Selain itu juga diharapkan lebih meningkatkan kreatifitas pada desain produk agar lebih menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194366

Actions (login required)

View Item View Item