Dewi, Nur Anggi Purnama (2020) Pengembangan e-modul berbasis sigil dengan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang) / Nur Anggi Purnama Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Dewi Nur Anggi Purnama. 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Sigil Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X OTKP Di Smk Muhammadiyah 3 Singosari Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Imam Bukhori S.Pd. M.Pd. Kata Kunci E-Modul Sigil Discovery Learning Korespondensi Hasil Belajar Bahan ajar yang digunakan di sekolah haruslah sesuai dengan perkembangan zaman serta harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini maka e-modul dapat menjadi pilihan sebagai bahan ajar saat ini karena e-modul lebih mudah mengikuti perkembangan zaman. Saat ini peserta didik dan guru dengan mudah mengaskses e-modul karena dapat digunakan pada smartphone dan laptop membuat e-modul lebih mudah diakses dimana saja serta kapan saja. Pengembangan e-modul juga tidak terlepas dari software pendukung seperti sigil yang digunakan sebagai aplikasi pembuatan e-modul. Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan soft file e-modul berbasis sigil dengan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Korespondensi untuk siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Kabupaten Malang (2) Kelayakan e-modul berbasis sigil dengan melakukan validasi yang dilakukan oleh ahli media ahil materi dan peserta didik (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-modul dengan yang tidak menggunakan e-modul berbasis sigil pada mata pelajaran Korespondensi dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R amp D dengan prosedur penelitian menggunakan langkah Dick amp Carey yang telah dimodifikasi berdasarkan pada kebutuhan waktu keadaan lapangan dan biaya Penelitian yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pembelajar (peserta didik) dan konteks (4) merumuskan tujuan performasi (5) mengembangkan instrument (6)mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9)melakukan revisi. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket observasi wawancara dan tes. Data yang didapat berupa angket diisi oleh validator ahli media yaitu salah satu dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran validator ahli materi yaitu salah satu guru mata pelajaran korespondensi kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan 9 peserta didik kelas X OTKP 2 sebagai uji coba pengguna kelompok kecil. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh (1) Hasil pengembangan e-modul berbasis sigil dengan model pembelajaran discovery learning yang telah dikembangkan pada mata pelajaran korespondensi untuk siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Kabupaten Malang dinyatakan sangat valid untuk digunakan bahan ajar berdasarkan beberapa uji coba yang dilakukan. (2) Hasil validasi media sebesar 93 3 % dengan kriteria sangat valid hasil validasi ahli materi sebesar 96% dengan kriteria sangat valid dan pengguna (uji coba kelompok kecil) sebesar 84% dengan kriteria sangat valid. (3) Hasil posttest kognitif dan psikomotorik yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukan adanya perbedaan. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 79 77 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 71 04. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa nilai uji F untuk kedua varian sebesar 5 248 dengan signifikansi sebesar 0 026 yang berarti nilai signifikansi lt 0 05 maka ditolak dan diterima. Artinya terdapat perbedaan varians antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (kedua kelas tersebut tidak homogen/tidak sama). Karena ditolak maka analisis uji t menggunakan Equal Variances Not Assumed. Analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 3 227 dengan signifikansi sebesar 0 002. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lt 0 05. Maka dapat disimpulkan sesuai dengan pengembilan keputusan dalam Uji Independent Sample t Test bahwa ditolak dan diterima. Artinya terdapat perbedaan antara rata-rata nilai hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan e-modul dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan e-modul. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan penggunaan e-modul berbasis sigil dengan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran korespondensi dapat dikatakan lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan e-modul dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194365 |
Actions (login required)
View Item |