Pengembangan modul berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang)/ Nadyah Aprilianti Ashari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang)/ Nadyah Aprilianti Ashari

Ashari, Nadyah Aprilianti (2020) Pengembangan modul berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang)/ Nadyah Aprilianti Ashari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 Revisi 2018 pada SMK membawa perubahan serta penambahan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik setiap Jurusan. Terutama pada jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dimana terdapat penambahan mata pelajaran Administrasi Umum untuk kelas X. Penambahan mata pelajaran baru tersebut sangat berpengaruh bagi kegiatan belajar mengajar terutama bagi guru dikarenakan kurangnya bahan ajar yang relevan. Hal tersebut cukup menghambat proses belajar mengajar didalam kelas karena belum adanya bahan ajar berupa modul. Modul adalah alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi metode petunjuk kegiatan belajar latihan dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dan dapat digunakan secara mandiri. Sedangkan Model Discovery Learning adalah pembelajaran menemukan sendiri untuk memberi peserta didik peluang mencari informasi sebanyak mungkin karena hasil belajar dengan cara ini lebih mudah dihafal dan diingat mudah ditransfer untuk memecahkan masalah dalam setiap proses belajar mengajar. Penelitian dan pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum ini memiliki tujuan sebagai berikut (1) Menghasilkan bahan ajar berupa Modul Berbasis Discovery Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Umum untuk peserta didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Modul Berbasis Discovery Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Pada Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Penelitian dan pengembangan modul ini dilakukan dengan menggunakan metode Research amp Development (R amp D) oleh Borg amp Gall dalam Setyosari. Prosedur penelitian dan pengembangan dari Setyosari dimodifikasi oleh peneliti menjadi 8 langkah yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi Awal (2) Perencanaan (3) Pengembangan Format Produk Awal (4) Uji Coba Awal (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Lapangan (7) Revisi Produk (8) Diseminasi dan Implementasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan validasi dari ahli materi dan ahli modul serta respon/tanggapan dari 6 peserta didik. Penilaian kelayakan materi mencakup 3 komponen yaitu (1) Kelayakan Isi (2) Komponen Penyajian (3) Kelayakan Bahasa dari hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Penilaian kelayakan modul mencakup 3 komponen yaitu (1) Kelayakan Bahasa (2) Komponen Penyajian (3) Kelayakan Kegrafikan dari hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata sebesar 98 51% dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 95 33% dengan kriteria sangat valid. Hasil post-test menunjukkan kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas 90 03 pada kelas eksperimen dan 85 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa modul Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194345

Actions (login required)

View Item View Item