Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Animate CC pada mata pelajaran Administrasi Umum (Studi pada siswa kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang)/ Rapining Arum Kinasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Animate CC pada mata pelajaran Administrasi Umum (Studi pada siswa kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang)/ Rapining Arum Kinasih

Kinasih, Rapining Arum (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Animate CC pada mata pelajaran Administrasi Umum (Studi pada siswa kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang)/ Rapining Arum Kinasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi memberikan banyak pengaruh terhadap dunia pendidikan terutama penggunaan alat-alat bantu mengajar di sekolah hal tersebut dapat dilihat dari media pembelajaran yang semakin berkembang dan bervariasi sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Media pembelajaran adalah alat secara fisik untuk menyampaikan isi pembelajaran misalnya buku tape recorder kaset film video slide dan lain-lain. Sesuatu dapat dikatakan sebagai media pembelajaran apabila media tersebut digunakan untuk menyampaikan pesan dengan tujuan-tujuan pendidikan. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC Kompetensi Dasar memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi. (2) Menguji kelayakan penggunaan Media Pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Animate CC pada mata pelajaran Administrasi Umum yang telah dikembangkan melalui uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R amp D dengan prosedur penelitian menggunakan langkah Borg amp Gall yang telah dimodifikasi berdasarkan pada kebutuhan waktu keadaan lapangan dan biaya penelitian yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan format produk (4) uji coba produk (5) revisi produk (6) produk akhir. Validasi media pembelajaran ini dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Jenis data yang didapat berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran kritik dan komentar dari validator ahli materi dan ahli media. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor pada lembar validasi dari validator ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran yang dihasilkan menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis android bernama lsquo Memilih Peralatan Kantor rsquo yang dibuat dengan software Adobe Animate CC dan mengemas materi KD 3.8 Menerapkan Pelaratan Kantor dalam Kegiatan Administrasi secara menarik. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil validasi dari ahli materi yaitu sebesar 97 6% dan 100% sehingga rata-rata dari data tersebut adalah 98 8% dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo . Sedangkan berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 92 9% dan 97 6% sehingga rata-rata hasil data yang diperoleh adalah sebesar 95 25% yang berarti media pembelajaran menggunakan Adobe Animate CC pada Kompetensi Dasar Memilih Peralatan Kantor dalam kegiatan Administrasi memiliki kriteria sangat valid dan layak digunakan. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada kompetensi dasar yang lain dan sistem operasi lainnya seperti iOS serta penambahan video sebagai penunjang pembelajaran dan juga menambahkan game edukasi agar media lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194341

Actions (login required)

View Item View Item