Pengembangan Mobile Learning Application berbasis Flip PDF Pro Maker untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (Studi pada peserta didik kelas XI OTKP SMKN 1 Turen Malang)/ Fany Teguh Permana Adi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Mobile Learning Application berbasis Flip PDF Pro Maker untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (Studi pada peserta didik kelas XI OTKP SMKN 1 Turen Malang)/ Fany Teguh Permana Adi

Adi, Fany Teguh Permana (2020) Pengembangan Mobile Learning Application berbasis Flip PDF Pro Maker untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (Studi pada peserta didik kelas XI OTKP SMKN 1 Turen Malang)/ Fany Teguh Permana Adi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu cepat dan pesat. Teknologi saat ini dimanfaatkan oleh pihak sekolah seperti guru dan peserta didik sebagai sarana penunjang media pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut pada media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang sedang berkembang saat ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan Mobile Learning Application berbasis Flip PDF Pro Maker untuk meningkatkan Kemandirian dan hasil belajar peserta didik (2) Mengetahui Kelayakan Produk Mobile Learning Application berbasis Flip PDF Pro Maker Melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Mobile Learning Application berbasis Flip PDF Pro dengan peserta didik yang tidak menggunakan Mobile Learning Application berbasis Flip PDF Pro pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang terdiri dari 5 langkah yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi Awal (2) Perencanaan (3) Pengembangan Format Produk Awal (4) Validasi dan Uji Coba (5) Revisi Produk atau Penyempurnaan Hasil Akhir Produk. Subjek uji coba adalah siswa SMK Negeri 1 Turen Kelas XI OTKP 1 dan Kelas XI OTKP 2 yang sedang menempuh mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner .Teknik analisis kuantitatif didapatkan dari hasil instrumen validasi ahli media validasi ahli materi instrumen penilaian peserta didik terhadap Mobile Learning Application dengan menngunakan teknik analisis deskriptif persentase. Sedangkan data instrumen kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik ranah kognitif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis uji Mann-Whitney. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Mobile Learning Application bernama ldquo MOLA rdquo yang dibuat dengan software Flip PDF Pro Maker dan mengemas materi KD 3.1 Ruang Lingkup Administrasi Sarana dan Prasarana KD sampai KD 3.5 Menerapkan penggunaan mesin-mesin kantor (Office Machine) secara menarik yang dapat digunakan pada smartphone android secara offline sehingga peserta didik bisa mengakses aplikasi kapanpun dan dimanapun. Selain itu Mobile Learning Application ini didesain secara menarik dengan kombinasi warna yang sesuai agar pengguna tidak mudah bosan saat mengoperasikannya. Hasil validasi ahli materi ahli media dan 6 siswa uji coba kelompok kecil adalah lsquo Sangat Valid rsquo sehingga disimpulkan bahwa lsquo MOLA rsquo layak digunakan dalam pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP. Sedangkan hasil perbedaan kemandirian menunjukan kemandirian kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan MOLA dan yang tidak Menggunakan MOLA. Serta hasil perhitungan rata-rata posttest menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari peserta didik kelas kontrol yang artinya terdapat perbedaan melalui penggunaan Mobile Learning Application (MOLA) dan diperoleh hasil belajar yang lebih baik dari pada yang tidak menggunakan Mobile Learning Application (MOLA). Hal ini berdasarkan hasil uji statistik Mann-Whitney yang menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolah dan Ha diterima. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainnya seperti iOS dan menyajikan materi mata pelajaran lainnya dengan kecepatan loading aplikasi yang lebih baik serta ukuran file yang lebih kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194340

Actions (login required)

View Item View Item