Pengembangan e-module berbasis aplikasi flipbook pdf corporate untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi (Siswa kelas X Otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Sania Nanda Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis aplikasi flipbook pdf corporate untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi (Siswa kelas X Otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Sania Nanda Safitri

Safitri, Sania Nanda (2021) Pengembangan e-module berbasis aplikasi flipbook pdf corporate untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi (Siswa kelas X Otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Sania Nanda Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan pendidikan era globalisasi ditandai dengan berbagai macam produk teknologi informasi seperti modul cetak menjadi E-Modul. Penggunaan bahan ajar yang tepat diharapkan dapat meningkatkan semangat untuk belajar pemahaman materi praktek keterampilan menulis surat serta kemandirian belajar pada peserta didik. Dimasa pandemi virus Covid-19 pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka langsung pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran dirubah secara daring dalam rangka menghindari penyebaran Covid-19. Bahan ajar yang semula modul cetak mengalami perkembangan menjadi E-Modul dimana pembelajaran dilakukan secara Online yang lebih dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yakni peserta didik mengikuti proses pembelajaran melalui pembelajaran daring di rumah masing-masing. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengembangkan E-Modul berbasis aplikasi Flipbook PDF Corporate pada mata pelajaran Korespondesi Kelas X OTKP (2) mengetahui kelayakan E-Modul berbasis aplikasi Flipbook PDF Corporate sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Korespondensi Kelas X OTKP melalui validasi ahli materi dan ahli E-Modul (3) menguji perbedaan keterampilan menulis surat dan kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan E-Modul dengan peserta didik yang tidak menggunakan E-Modul pada mata pelajaran Korespondesi Kelas X OTKP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R D) dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian terdiri dari sembilan langkah yakni (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Produksi Akhir. Validasi ahli materi dilakukan oleh Bapak Buyung Adi Dharma S.AP. M.AP. selaku dosen mata kuliah korespondensi. Validasi ahli E-Modul dilakukan oleh Bapak Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. selaku dosen yang berkompeten di bidang . Uji coba produk dilakukan kelompok kecil adalah kelas X OTKP 2 berjumlah 6 peserta didik dan uji coba pemakaian kelompok besar adalah X OTKP 1 berjumlah 34 peserta didik. Instrument pengumpulan data terdiri dari 2 jenis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angket validasi ahli materi validasi ahli E-Modul uji coba produk kelompok kecil dan uji coba pemakaian kelompok besar. Data kualitatif berupa wawancara kritik dan saran. Teknik analisis data hasil belajar psikomotorik menggunakan SPSS vers 24 yaitu uji Independent Sample T-tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek psikomotorik pada keterampilan menulis surat peserta didik. Hasil data validasi keseluruhan E-Modul berbasis Aplikasi Flipbook PDF Corporate persentase sebesar 94 667% yang masuk dalam kriteria Sangat layak . Berdasarkan validasi keseluruhan (1) Hasil perhitungan angket ahli E-Modul diperoleh hasil persentase sebesar 100% yang masuk dalam kriteria Sangat layak . (2) Hasil perhitungan angket ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 95% yang masuk kriteria Sangat layak . (3) Hasil perhitungan angket uji coba produk kelompok kecil diperoleh hasil persentase sebesar 89% yang masuk kriteria Sangat layak. Berdasarkan uji coba pemakaian diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar psikomotorik (4) Hasil perhitungan kelompok besar nilai rata-rata keterampilan menulis surat peserta didik pada kelas eksperimen X OTKP 1 adalah sebesar 85 56 dan kelas kontrol X OTKP 3 adalah sebesar 72 43. Diketahui pula terdapat perbedaan rata-rata kemandirian belajar (5) Hasil perhitungan kelompok besar nilai rata-rata kemandirian peserta didik pada kelas eksperimen X OTKP 1 adalah sebesar 80% dan kelas kontrol X OTKP 3 adalah sebesar 64%. Dari hasil uji coba kelompok besar menunjukkan perbedaan signifikan bahwa nilai kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar psikomotorik dan kemandirian belajar yang lebih bagus dari kelas kontrol. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk E-Modul ini adalah kemampuan dalam keterampilan menulis surat dan kemandirian peserta didik. Selain itu E-Modul Korespondensi ini diharapkan kedepannya dapat digunakan sebagai rujukan E-Modul Korespondensi. Saran untuk pengembangan produk selanjutnya pengembang menambahkan kompetensi dasar lainnya dan mendorong mata pelajaran lainuntuk melakukan inovasi yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194326

Actions (login required)

View Item View Item