Pengembangan mobile learning berbasis ispring suite 9 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Aljarotul Nisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning berbasis ispring suite 9 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Aljarotul Nisyah

Nisyah, Aljarotul (2021) Pengembangan mobile learning berbasis ispring suite 9 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Aljarotul Nisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan semakin dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi hal ini menjadi tantangan baru untuk guru dalam memberikan inovasi terhadap media pembelajaran. Adapun tantangan lainnya seperti terjadinya pandemic covid-19 yang membuat guru harus lebih inovatif dalam membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik agar dapat mempermudah peserta didik yang hanya belajar secara daring. Selain itu media juga harus dikemas agar dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dan memahami materi yang disampaikan. Kurangnya motivasi peserta didik serta pemahaman terhadap materi dalam proses pembelajaran membuat hasil belajar peserta didik menjadi kurang baik. Guru mata pelajaran Kearsipan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi menyampaikan bahwa pemberian materi selama pembelajaran daring berupa slide powerpoint yang dibagikan melalui Googleclassroom. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan mobile learning berbasis Ispring Suite 9 pada mata pelajaran Kearsipan KD 3.9 Menerapkan Pemeliharaan Arsip dan 4.9 Melakukan Pemeliharaan Arsip yang layak digunakan serta mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan produk dan tidak menggunakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model Research and Development oleh Borg Gall yang dimodifikasi menjadi delapan langkah antara lain 1) potensi dan masalah 2) mengumpulkan informasi 3) desain produk 4) validasi ahli 5) revisi produk 6) uji coba produk kelompok kecil 7) revisi produk akhir 8) uji coba produk kelompok besar. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Data kuantitatif penelitian diperoleh dari perhitungan skor angket validasi ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil serta hasil belajar peserta didik ranah kognitif dan psikomorotik. Sedangkan data kualitatif penelitian diperoleh dari kritik dan saran yang diberikan validator dan peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa Mobile Learning berbasis Ispring Suite 9 yang diberi nama PVar Spring. Media mobile learning ini dapat diunduh melalui link http //bit.ly/PVarSpringbyAljarotulNisyah sedangkan untuk pengguna iOS juga dapat membuka media melalui link https //cgo3q4onse1m7cvezeztxq-on.drv.tw/PVar%20Spring/PVar%20Spring%20(Published)/. Mobile learning ini dikemas untuk memudahkan peserta didik serta mendukung kegiatan pembelajaran secara daring. Media dilengkapi dengan menu kompetensi materi beserta contoh gambar video yang terintegrasi dengan youtube evaluasi ranah kognitif dan psikomotorik serta pengumpulan tugas yang terintegrasi dengan Google Forms glosarium bantuan rujukan dan pengembang. Hasil validasi gabungan dari ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 90 68% yang menunjukkan bahwa media mobile learning berbasis Ispring Suite 9 sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan mobile learning berbasis Ispring Suite 9 memperoleh rata-rata nilai sebesar 86 untuk ranah kognitif dan 87 63 untuk ranah psikomotorik. sedangkan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan mobile learning berbasis Ispring Suite 9 memperoleh rata-rata nilai sebesar 62 untuk ranah kognitif dan 77 66 untuk ranah psikomotorik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa mobile learning berbasis Ispring Suite 9 efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran pemanfaatan produk ini adalah diharapkan PVar Spring dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran maupun proses belajar. Selain itu bagi peneliti lain agar bisa mengembangkan media mobile learning berbasis Ispring Suite 9 yang lebih inovatif dengan kompetensi dasar yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194325

Actions (login required)

View Item View Item