Rahmaniyah, Dinda Nur (2021) Pengembangan media pembelajaran mobile learning untuk meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar peserta didik / Dinda Nur Rahmaniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi di era digital ini berdampak besar pada segala aspek kehidupan salah satunya aspek pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran sudah merupakan tuntutan yang tidak dapat dihindarkan. Terlebih seluruh sekolah saat ini telah melaksanakan pendidikan jarak jauh/ distance learning yang merupakan upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pengembangan media pembelajaran inovatif yang sesuai dengan memanfaatkan teknologi berupa Mobile Learning. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran Mobile Learning pada mata pelajaran Administrasi Umum 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Mobile Learning pada pada mata pelajaran Administrasi Umum melalui validasi ahli materi dan ahli media 3) Mengetahui perbedaan Self Regulated Learning peserta didik yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran Mobile Learning 4) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran Mobile Learning. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Produk 5) Revisi Produk 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian. Produk ini diujicobakan kepada peserta didik kelas X OTKP 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Jenis data yang dikumpulkan dan digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diproleh dari ahli materi ahli media dan peserta didik dalam uji coba kelompok kecil berupa kritik dan saran terhadap media pembelajaran mobile learning yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor kuesioner validasi ahli materi ahli media dan peserta didik dalam uji coba kelompok kecil. Serta didapatkan dari hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa serta hasil kuesioner tingkat self regulated learning siswa dan lembar observasi self regulated learning. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran Mobile Learning bernama Office Equipment APP yang dapat diunduh secara gratis melalui link http //bit.ly/officeequipmentapp. Media pembelajaran Office Equipment APP dikemas secara menarik dengan menu-menu berisi tulisan animasi gambar video hingga evaluasi. Selain itu media yang dapat digunkan secara offline ini memiliki menu selinting (selingan informasi tapi penting) yang berisikan informasi tambahan mengenai peralatan kantor. Terdapat pula menu evaluasi berupa penilaian kognitif psikomotorik hingga refleksi self regulated learning. Hasil validasi materi sebesar 96% hasil validasi media sebesar 99% dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93.56%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Office Equipment APP layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis self regulated learning baik dari hasil kuesioner dan lembar observasi self regulated learning kelas eksperimen menunjukkan kategori sangat tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh kategori tinggi. Hal tersebut terlihat dari perolehan tertinggi aspek self regulated learning siswa yang menggunakan Office Equipment APP seringkali membuat rangkuman sebelum ujian mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu serta sering mencari informasi dari media yang mereka miliki dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen atau yang menggunakan media pembelajaran Mobile Learning memiliki rata-rata nilai yang lebih unggul baik dalam aspek kognitif maupun psikomotorik daripada kelas kontrol atau yang tidak menggunakan media pembelajaran Mobile Learning. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Office Equipment APP dapat meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar peserta didik. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah diharapkan dapat mengembangkan produk pada KD yang lain maunpun mata pelajaran yang lain selain itu diharapkan media dapat digunakan pada sistem operasi lain seperti iOS dan semua menu dapat digunakan secara offline. Selain itu media bisa dipublish pada Google Play Store agar aplikasi mudah diteukan pengguna lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194324 |
Actions (login required)
View Item |