Pengembangan assesment autentik berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas xi administrasi perkantoran di smk negeri 1 magetan / Dimas Gigih Saptoaji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan assesment autentik berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas xi administrasi perkantoran di smk negeri 1 magetan / Dimas Gigih Saptoaji

Saptoaji, Dimas Gigih Saptoaji (2021) Pengembangan assesment autentik berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas xi administrasi perkantoran di smk negeri 1 magetan / Dimas Gigih Saptoaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian termasuk salah satu bagian yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran sebab kegiatan ini akan dijadikan cerminan untuk melihat perkembangan atau kemajuan belajar siswa dari waktu ke waktuPenilaian aspek pengetahuan (kognitif) dapat dilakukan dengan ujian tulis lisan maupun daftar pertanyaan. Penilaian aspek keterampilan dapat dilakukan dengan ujian praktek analisis keterampilan dan analisis tugas serta penilaian yang dilakukan oleh peserta didik sendiri. Adapun penilaian aspek sikap dapat dilakukan dengan daftar isian sikap (pengamatan pribadi) padadiri sendiri siswa dan daftar isian sikap yang disesuaikan dengan kompetensi inti. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan perangkat penilaian autentik berbasis portofolio pada pembelajaran humas dan keprotokolan di SMK Negeri 1 Magetan. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan perangkat penilaian autentik yang berbasis portofolio yaitu (1) kajian literatur (2) Perencanaan. Pada tahap ini dirancang perangkat-perangkat yang akan digunakan peserta didik dalam penilaian portofolio yang mencakup lembar kerja siswa (LKS). (3) Validasi ahli instrumen yang akan divalidasi meliputi lembar penilaian portofolio angket respon guru dan angket respon peserta didik terhadap perangkat penilaian portofolio pada pembelajaran humas dan keprotokolan di SMK Negeri 1 Magetan (4) Revisi Instrumen (5) Ujicoba Instrumen (6) Penyebaran perangkat penilaian portofolio yang valid dan efektif. Berdasarkan hasil validasi kognitif secara keseluruhan diperoleh persentase kelayakan sebesar 95 83% hasil validasi psikomotor secara keseluruhan diperoleh persentase kelayakan sebesar 94 44% hasil respon guru terhadap produk pengembangan instrumen penilaian authentik berbasis portofolio sebesar 90% yang berkategori sangat layak atau sangat baik dan hasil validasi ahli materi selain terdapat penilaian kelayakan yang diperoleh sebesar 86 67% yang berkategori sangat layak atau sangat baik Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) setelah instrumen divalidasi oleh ahli keseluruhan komponen perangkat penilaian autentik yang berbasis portofolio dinyatakan valid dengan revisi kecil maka dilakukan revisi atau perbaikan sesuai dengan saran para ahli dan selanjutnya di ujicobakan. Proses ujicoba dilakukan untuk menghasilkan perangkat penilaian yang efektif. (2) Ujicoba perangkat penilian autentik yang berbasis portofolio pada peserta didik dari hasil lembar penilaian portofolio diperoleh nilai rata-rata lebih dari nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah sebagian besar guru memberikan respon positif terhadap perangkat penilaian portofolio dan berada pada kategori tinggi dan sebagian besar peserta didik juga memberikan respon positif terhadap penerapan penilaian portofolio selama dua kali uji coba pada dua kelas respon peserta didik berada pada kategori baik. Dengan demikian perangkat penilaian autentik yang berbasis portofolio yang dikembangkan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194321

Actions (login required)

View Item View Item